Bunuh Warga Malaysia, Seorang WNI Dijatuhi Hukuman Mati

Marcheilla Ariesta 29 November 2018 09:37 WIB
wniperlindungan wni
Bunuh Warga Malaysia, Seorang WNI Dijatuhi Hukuman Mati
Ilustrasi oleh Medcom.id.
Kota Tinggi: Zainul Watoni, 31, dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Tinggi di Malaysia. Pria asal Lombok, Nusa Tenggara Barat tersebut dituduh membunuh Kota Tinggi, Johor Bahru pada 4 November lalu.

Ketika Jaksa Penuntut Umum membacakan tuduhan terhadap dirinya, Zainul mengangguk. Meski demikian, media Malaysia, Sinar Harian Online, Rabu 28 November 2018, melaporkan tak ada pengakuan yang direkam dari Zainul.

Kasus yang menimpa WNI tersebut dibenarkan Kementerian Luar Negeri. Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Lalu Muhammad Iqbal mengatakan hukuman yang diberikan sesuai dengan Hukum Pidana Malaysia.


"Benar ada kejadian pembunuhan pada 4 November 2018. Sesuai Hukum Pidana Malaysia atas sangkaan tersebut ZW diancam hukuman mati," kata Iqbal di Jakarta, Kamis 29 Oktober 2018.

Iqbal menuturkan KBRI Johor Bahru sudah menangani kasus ini. Pendampingan kekonsuleran juga sudah diberikan.

Zainul dituduh melakukan pembunuhan terhadap Rizal Muhammad, 37. Motifnya tidak disampaikan dalam persidangan. Dia didakwa di bawa Pasal 302 Kanun Keseksaan dengan hukuman terberat, hukuman gantung. 

Sebelumnya, Sinar Harian melaporkan polisi Kota Tinggi menahan dua tersangka utama kasus pembunuhan pria Melayu di Ladang Kambau, Kuala Sedili. Ketua Polisi Daerah Kota Tinggi, Ahsmon Bajah mengatakan seorang tersangka merupakan warga negara Indonesia dan kekasihnya. Keduanya merupakan pasangan kekasih.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id