Sekelompok warga berusaha menundukkan seekor banteng dalam festival Jallikattu di Tamil Nadu, India, 17 Januari 2019. (Foto: AFP/ARUN SANKAR)
Sekelompok warga berusaha menundukkan seekor banteng dalam festival Jallikattu di Tamil Nadu, India, 17 Januari 2019. (Foto: AFP/ARUN SANKAR)

Dua Orang Tewas Diseruduk Banteng di Festival India

Internasional india
Willy Haryono • 21 Januari 2019 20:03
Pudukottai: Sedikitnya dua penonton tewas diseruduk banteng dalam sebuah festival di India. Insiden terjadi saat beberapa banteng menerobos barikade di sebuah arena di Pudukottai, kota kecil di Tamil Nadu, Minggu 20 Januari.
 
"Dua penonton diseruduk banteng di dekat arena. Salah satu dari mereka meninggal dunia di lokasi kejadian, dan satunya lagi di rumah sakit," kata P. Sangaraj, seorang polisi di Pudukottai, kepada media AFP, Senin 21 Januari 2019.
 
Otoritas India mengatakan puluhan peserta festival juga terluka saat berusaha memegang tanduk banteng dengan harapan dapat memenangkan hadiah. Lebih dari 100 orang terluka dalam festival tersebut, yang sudah digelar di Tamil Nadu sejak Rabu pekan kemarin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak penyelenggara festival mengatakan lebih dari 1.300 banteng telah dilepaskan ke arena pada akhir pekan kemarin. Jumlah tersebut lebih banyak dua kali lipat dari rekor sebelumnya.
 
Festival bernama Jallikattu ini masih populer di India meski berbahaya bagi keselamatan jiwa. Sejumlah aktivis hewan geram karena banteng di festival tersebut dipaksa meminum alkohol dan bubuk cabai agar lebih agresif.
 
Mahkamah Agung India sempat melarang Jallikattu pada 2016, setelah sejumlah grup penyayang binatang menyebut banyak banteng dianiaya selama festival.
 
Namun pihak penyelenggara dan pemerintah Tamil Nadu membantah telah menyiksa banteng, dan berargumen bahwa Jallikattu adalah bagian dari budaya dan identitas masyarakat setempat.
 
Putusan MA India yang melarang Jallikattu memicu kemarahan luas di Chennai, ibu kota dari Tamil Nadu, dan beberapa kota besar lainnya. Terus ditekan warga, pemerintah Tamil Nadu kemudian mengeluarkan perintah eksekutif yang melampaui wewenang MA India, sehingga Jallikattu pun digelar satu tahun setelahnya.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi