Kuil Yasukuni, tempat para pahlawan perang Jepang dihormati oleh warga setempat. (Foto: AFP).
Kuil Yasukuni, tempat para pahlawan perang Jepang dihormati oleh warga setempat. (Foto: AFP).

Pria Tiongkok Sulut Api di Kuil Perang Jepang

Internasional jepang
Marcheilla Ariesta • 12 Desember 2018 18:24
Tokyo: Seorang pria Tiongkok menyulut api dalam kuil perang Yasukuni di Tokyo, Jepang. Akibat aksinya tersebut, pria itu ditangkap polisi.

Laman AFP, Rabu 12 Desember 2018, melaporkan pria 55 tahun itu membakar setumpuk surat kabar dalam Kuil Yasukuni. Kuil tersebut digunakan untuk menghormati 2,5 juta orang yang tewas dalam perang.

"Pria itu ditangkap karena dicurigai masuk tanpa izin ke dalam kuil," kata laporan Kantor Berita Jiji Press.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Stasiun Televisi NHK melaporkan api cepat dipadamkan dan tak ada laporan kerusakan atau orang terluka. Sementara itu, juru bicara kuil mengakui insiden kebakaran tersebut benar terjadi, namun enggan berkomentar lebih lanjut. "Polisi sedang menyelidiki," kata dia.

Sementara polisi juga menolak memberi komentar. Meski demikian, laporan lain menyebutkan pria itu memegang spanduk dengan pesan memprotes pembantaian Nanjing 1937,

Tiongkok mengatakan 300 ribu orang tewas dalam pertempuran enam pekan. Mereka dibunuh dan diperkosa militer Jepang yang menyerang dan merebut kota Nanjing.

Beberapa akademisi asing memperkirakan jumlah korban lebih sedikit. Namun, insiden tersebut merupakan kejadian terburuk di Asia.

Tak hanya untuk menghormati mereka yang tewas dalam perang, Kuil Yasukuni juga dipakai untuk memenjarakan para penjahat Perang Dunia II.


(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi