Ilustrasi (Foto:AFP)
Ilustrasi (Foto:AFP)

Laut Indonesia dan Asia Tenggara Harus Dikelola Maksimal

Internasional poros maritim dunia
Sonya Michaella • 09 Maret 2017 16:33
medcom.id, Jakarta: Wilayah laut di Indonesia dan Asia Tenggara merupakan jalur laut strategis bagi pelayaran dan perdagangan serta jalur pengiriman minyak dan gas dunia. Wilayah ini menghubungkan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.
 
Selain itu, perairan ini mempunyai potensi sumber daya laut dan penangkapan ikan yang berkontribusi besar bafi produksi ikan dunia.
 
"Potensi wilayah laut di Indonesia dan Asia Tenggara akan sulit dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal jika tidak ada proteksi keamanan dan keselamatannya," kata Dr. Riefqi Muna, ahli politik keamanan internasional dan strategi dari LIPI, di Jakarta, Kamis 9 Maret 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Laut adalah garis kehidupan dinamika ekonomi kawasan. Inilah yang bisa mengukuhkan Indonesia sebagai negara maritim di Asia Tenggara," lanjutnya.
 
Riefqi membagi dua isu terkait permasalahan yang bisa mengancam keamanan dan keselamatan laut, salah satunya klaim maritim yang tumpang tindih.
 
Selain itu, ada pula kejahatan transnasional dan ancaman bencana yang masih menjadi faktor terancamnya keamanan laut. Di sinilah, kata dia, perlunya penanganan dan penegakan hukum di laut Indonesia.
 
"Harus ada penguatan kerja sama maritim dengan negara-negara mitra juga, seperti misalnya Jepang," tutur Riefqi.
 
Menurut Riefqi, diperlukan juga saling mendorong upaya-upaya untuk menciptakan kesepakatan dan saling percaya antar mitra serta meningkatkan naval diplomacy and joint.
 
"Diperlukan jug membangun kerja sama maritime domain awareness agar kita bisa menghindari hal-hal yang bisa mengancam keamanan laut," ucapnya lagi.
 
LIPI juga akan menggelar acara seminar bertemakan Penanganan Masalah Keamanan Maritim Strategis dan Sub-Strategis di Asia Tenggara yang akan menghadirkan Arief Havas Ogroseno sebagai salah satu pembicara.
 

 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif