Seekor Semut tak Akan Lolos dari Pengawal Kim Jong-un
Para pengawal Kim Jong-un berlari di samping limusin. (Foto: AFP).
Panmunjom: Ketika pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un turun tangga menuju perbatasan Korea, para pengawalnya bahkan menjaga dia agar sang pemimpin tidak terjatuh. Kim  dijaga sedemikian rupa, bahkan seekor semut pun tak boleh mendekatinya.

Para pengawal Kim merupakan mereka yang jago beladiri, menembak dan memiliki penampilan rupawan. Saat menjaga sang pemimpin, para pengawal memakai jas dengan dasi biru dan putih bergaris.

Dasi para penjaga mengilap saat Kim mendekati Garis Demarkasi Militer untuk melakukan jabat tangan bersejarah dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in.


Pengawal Kim memakai lencana merah Korut di kerah dan alat komunikasi di telinga. Para pengawal ini paling kentara saat mereka berlari di samping mobil Kim untuk makan siang.

"Kim Jong-un kembali ke Korut untuk makan siang. Para pengawalnya melindungi dia dengan berlari di samping limusin," lapor CBS, Jumat 27 April 2018.

Para pengawal ini masuk dalam unit Komando Penjaga Korut. Unit ini bertugas memastikan keamanan kepemimpinan.

Komando Penjaga Korut merupakan institusi elit yang merupakan pusat kekuatan negara tersebut. Seorang pembelot, Ri Yong Guk, yang sempat bertugas menangani detil keamanan untuk ayah Kim, Kim Jong-il menulis dala sebuah memoar.

"Ada enam lapis penjaga keamanan melindungi pemimpin dalam perjalanan ke pedesaan untuk memeriksa unit militer, tanaman bahkan peternakan," ungkapnya.

"Mereka adalah salah satu selimut keamanan paling ketat di dunia. Bahkan seekor semut pun akan kesulitan untuk keluar," imbuhnya.

Untuk pertemuan ini, pengaturan untuk Kim dilaporkan lebih ketat. Dia bahkan selalu ditemani seorang jenderal militer gagah berani dengan pistol bersarung.

Tak hanya Kim, keluarganya juga diberi perlindungan serupa. Istri dan adiknya tak luput dari penjagaan ketat para Komando Penjagaan Korut.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id