Korea Utara Jadi Salah Satu Tantangan Bagi Jepang
Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii tegaskan negaranya berupaya hentikan program nuklir Korut (Foto: Sonya Michaella).
Jakarta: Korea Utara (Korut) juga menjadi salah satu fokus Jepang dalam menjalankan politik luar negerinya, yakni bekerja sama dengan negara-negara lain untuk berusaha menghentikan program nuklir Korut.
 
"Ini tantangan kami. Bagaimana kami bisa menghentikan program nuklir Korut dengan bekerja sama dengan yang lainnya," kata Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii dalam acara Ambassador Talk yang digelar oleh Ikatan Alumni Program Habibie di Kementerian Koperasi dan UMKM, Jakarta, Sabtu 13 Januari 2018.
 
Sejak awal ditempatkan di Indonesia, Dubes Ishii selalu mengatakan bahwa dunia harus menekan Korut untuk menghentikan program nuklirnya yang dinilai cukup berbahaya.
 
"Sama seperti yang dikatakan pemerintah kami dan juga Perdana Menteri Shinzo Abe," ujar dia lagi.
 
Baru-baru ini, Korea Selatan dan Korea Utara mengadakan dialog terkait keterlibatan Korut di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang bulan depan. Dialog ini digelar si Desa Panmunjon, Zona Demiliterisasi, yang memisahkan dua negara.
 
Sebagai negara yang beberapa kali diancam akan diserang oleh Korut, Jepang menyambut baik akan adanya dialog Korsel dan Korut tersebut.
 
"Pembicaraan seperti ini selalu baik, namun kami telah menyampaikan di masa lalu, jika sebatas pembicaraan saja, maka tidak berarti banyak," ujar Dubes Ishii, beberapa waktu lalu.
 
Ia juga berharap agar dengan adanya dialog antar dua negara ini, hasilnya akan jelas. Terutama adanya denuklirisasi di Semenanjung Korea.




(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360