White Island di Selandia Baru terlihat di kejauhan, 10 Desember 2019. (Foto: AFP/MARTY MELVILLE)
White Island di Selandia Baru terlihat di kejauhan, 10 Desember 2019. (Foto: AFP/MARTY MELVILLE)

Selandia Baru Berusaha Evakuasi Jasad Korban Erupsi

Internasional gunung berapi selandia baru
Willy Haryono • 11 Desember 2019 06:19
Wellington: Otoritas Selandia Baru berharap cuaca cerah hari ini, Rabu 11 Desember 2019, agar sejumlah jasad yang diyakini masih tertinggal di area erupsi gunung berapi di White Island dapat dievakuasi. Namun petugas tidak mau terburu-buru, karena area sekitar gunung masih relatif panas.
 
Erupsi di White Island pada Senin kemarin berujung pada tewasnya enam orang, dengan delapan lainnya dinyatakan hilang. Kedelapan orang itu diasumsikan sudah meninggal, namun masih berada di sekitar lokasi kejadian.
 
Total 47 orang berada di White Island saat erupsi terjadi. Banyak korban selamat mengalami luka bakar serius.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Kepolisian Selandia Baru Stuart Nash mengaku memahami rasa frustrasi keluarga korban yang ingin proses evakuasi jenazah segera dilakukan. Namun Nash mengaku tidak mau terburu-buru karena sejumlah pakar seismologi memprediksi ada 50 persen kemungkinan erupsi dapat kembali terjadi.
 
Selain itu, terdapat gas beracun yang keluar dari gunung di White Island, dan erupsi pada Senin lalu telah membuat area sekitar dipenuhi abu tebal.
 
"Kami belum dapat mengirim petugas ke White Island. Situasi saat ini belum aman bagi mereka," kata Nash kepada Radio New Zealand, dilansir dari AFP.
 
"Kami mempunyai tanggung jawab kepada staf kepolisian Selandia Baru untuk memastikan mereka semua tetap aman," sambung dia.
 
Nash mengatakan pesawat pemantau telah memastikan bahwa semua korban selamat telah melarikan diri dari White Island. Namun pemantauan lebih lanjut tidak memperlihatkan adanya tanda-tanda kehidupan di tengah masih adanya delapan korban hilang.
 
Polisi ingin mengirim pesawat tanpa awak atau drone untuk mengukur kadar gas beracun di White Island. Namun kondisi angin saat ini tidak memungkinkan untuk penerbangan drone.
 
Sebelumnya, Kepolisian Selandia Baru mengumumkan rencana membuka sebuah investigasi kriminal mengenai bagaimana sebuah erupsi gunung di White Island dapat berujung kematian sejumlah orang.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif