Personel keamanan Afghanistan berkumpul di lokasi bom bunuh diri di Kabul, 29 November 2018. (Foto: AFP/NOORULLAH SHIRZADA)
Personel keamanan Afghanistan berkumpul di lokasi bom bunuh diri di Kabul, 29 November 2018. (Foto: AFP/NOORULLAH SHIRZADA)

Konvoi Keamanan Afghanistan Diserang, Empat Orang Tewas

Internasional taliban afghanistan
Willy Haryono • 11 Desember 2018 15:26
Kabul: Sedikitnya empat orang tewas dan enam lainnya terluka usai diserang seorang pengebom bunuh diri di Kabul, Selasa 11 Desember 2018. Para korban merupakan bagian dari sebuah konvoi pasukan keamanan Afghanistan.
 
Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Najib Danish mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa ledakan bunuh diri terjadi di distrik Paghman di Kabul barat. Serangan dilancarkan terhadap sebuah konvoi keamanan yang baru saja pulang dari operasi malam hari.
 
"Belum diketahui apakah penyerang berjalan kaki atau menaiki sebuah kendaraan," tutur Najib. Seorang pejabat yang enggan disebutkan namanya mengatakan pelaku menggunakan sebuah mobil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serangan pada pagi hari ini terjadi hanya beberapa jam usai terjadinya baku tembak antara pasukan keamanan Afghanistan dengan kelompok militan Taliban di distrik Arghistan, provinsi Kandahar. Pertempuran itu menewaskan delapan polisi dan sebelas militan Taliban.
 
Hingga saat ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan terbaru di Kabul. Namun diduga kuat pelakunya antara Taliban atau grup ekstremis Islamic State (ISIS).
 
November lalu, Presiden Ashraf Ghani mengatakan hampir 30 ribu personel militer dan polisi Afghanistan tewas dalam pertempuran melawan militan sejak 2015. Jumlah itu jauh lebih tinggi dari yang diakui sebelumnya oleh pemerintah Afghanistan
 
Terus terjadinya aksi kekerasan di Afghanistan terjadi seiring upaya Amerika Serikat untuk mendorong Taliban agar mau berdialog damai dengan pemerintah. Pemberontakan Taliban di Afghanistan telah terjadi selama lebih kurang 17 tahun.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif