Melancong ke Negeri Orang, WNI Bisa Andalkan Safe Travel

Sonya Michaella 05 April 2018 15:59 WIB
perlindungan wni
Melancong ke Negeri Orang, WNI Bisa Andalkan Safe Travel
Aplikasi Safe Travel bisa membantu perlindungan WNI yang melakukan perjalanan ke luar negeri (Foto: Medcom.id).
Jakarta: Kementerian Luar Negeri RI akan meluncurkan aplikasi Safe Travel. Peluncuran resmi akan dilakukan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada 14 April mendatang.
 
Aplikasi ini dibuat agar perjalanan luar negeri yang dilakukan oleh warga negeri Indonesia (WNI) lebih aman dan menyenangkan.
 
"Setelah satu tahun penyempurnaan, akhirnya aplikasi Safe Travel bisa resmi diunduh dah digunakan. Sudah bisa diunduh di Android dan IOS," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemenlu RI, Lalu Muhamad Iqbal, di Jakarta, Kamis 5 April 2018.
 
Untuk Android, sudah bisa diunduh mulai dari saat  ini. Namun untuk IOS, pengunduhan bisa dimulai saat peluncuran resmi nanti.
 
Iqbal mengungkapkan, selain Safe Travel, ada aplikasi lain yang akan diluncurkan lagi yaitu portal untuk para WNI yang menetap di satu negara di seluruh dunia, misalnya para mahasiswa Indonesia yang bersekolah di luar negeri.
 
"Portal ini mengintegrasi semua keperluan mereka dari Indonesia secara online. Portal ini juga terintegrasi dengan Dukcapil dan Imigrasi," ucap Iqbal.
 
Untuk Safe Travel, ujar dia, Kemenlu memang menbidik para traveler Indonesia, khususnya jika mereka membutuhkan bantuan, tidak harus langsung ke KBRI atau KJRI. Dengan mengakses aplikasi ini, KBRI atau KJRI terdekat bisa langsung menerima laporan mereka.
 
"Kan para traveler tidak musti berwisata di lokasi dekat perwakilan kita. Jadi salah satu gunanya untuk menghubungkan mereka dengan KBRI atau KJRI," tukas dia.
 
Di dalam aplikasi ini, semua informasi terkait negara yang dituju sudah tersedia. Termasuk cuaca, bahkan sampai ada bencana apa yang sudah terjadi di negara tersebut.
 
Yang menarik, di Safe Travel tersebut, seorang traveler bisa terhubung dengan traveler lainnya yang sedang di dalam satu negara, sehingga mereka bisa bertukar informasi.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360