Api terlihat dari wilayah pegunungan Blue Mountains, Australia. Foto: AFP
Api terlihat dari wilayah pegunungan Blue Mountains, Australia. Foto: AFP

Kebakaran Melanda Situs Warisan Dunia Blue Mountains

Internasional kebakaran hutan australia
Arpan Rahman • 03 Desember 2019 14:56
New South Wales: Lebih dari 10 persen area yang dicakup oleh taman nasional New South Wales (NSW), Australia habis terbakar. Wilayah yang terbakar termasuk 20 persen situs warisan dunia, Blue Mountains.
 
Jumlah hutan yang hancur di dalam taman nasional NSW melebihi jumlah musim kebakaran sebelumnya, ketika 80.000 hektar musnah. Sepuluh kali jumlah itu sudah terbakar sejak Juli.
 
“Kerusakan yang disebabkan oleh api di kawasan warisan dunia hutan hujan Gondwana di utara negara bagian itu adalah tragedi global dan krisis absolut,” kata ahli ekologi Nature Conservation Council (NCC), seperti dikutip Guardian, Selasa, 3 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala eksekutif NCC, Chris Gambian mengatakan, hilangnya 800.000 hektar di taman nasional NSW, dari total 1,9 juta hektar yang terbakar di negara bagian itu sejak 1 Juli, "mengubah kalkulus konservasi alam di negara bagian".
 
"Skala kebakaran yang monumental berarti konservasi lahan sekarang akan menjadi "lebih penting dari sebelumnya," kata Gambian.
 
"Taman nasional adalah cara terbaik untuk melindungi spesies dan lanskap, tetapi ketika taman nasional Anda telah hancur, Anda harus melihat gambaran keseluruhan dan langkah-langkah lainnya," sambungnya.
 
Selai kerugian di Blue Mountains, kekhawatiran terpusat pada kawasan warisan dunia hutan hujan Gondwana, kumpulan cadangan hutan hujan subtropis yang membentang 366.500 hektar di seluruh NSW dan Queensland.
 
Mark Graham, seorang ahli ekologi di NCC yang mengkhususkan diri dalam kebakaran dan keanekaragaman hayati, mengatakan kebakaran itu tragedi global.
 
"Saya tidak berpikir ini berlebihan," kata Graham.


Kehancuran absolut

Pekan lalu, Badan PBB yang mengurus Warisan Dunia UNESCO menyatakan keprihatinan tentang kebakaran Gondwana dan bertanya kepada pemerintah federal apakah kerusakan itu memengaruhi nilai-nilai universal mereka.
 
12 dari 28 cagar warisan dunia NSW setidaknya sebagian terkena dampak kebakaran.
 
Graham mengatakan sampai sepekan lalu Barrington Tops dan taman nasional New England adalah dua blok Gondwana terbesar yang tidak terkena dampak kebakaran. Itu berubah setelah sambaran petir memicu kebakaran di daerah itu.
 
"Terus terang, ini krisis absolut," kata Graham.
 
"Karena mereka basah secara permanen dan tidak pernah terbakar sampai saat ini, mereka seperti busur puncak gunung keanekaragaman hayati kuno. Kebakaran ini secara langsung berdampak pada nilai-nilai tempat mereka terdaftar," cetusnya.
 
Lebih jauh ke selatan, kebakaran Gunung Gospers telah berkobar di luar kendali sejak bulan lalu di taman nasional Wollemi dan Yengo, bagian dari wilayah warisan dunia Pegunungan Biru Besar, yang mencakup satu juta hektar taman nasional dan didominasi oleh hutan eukaliptus sedang.
 
Pejabat eksekutif Asosiasi Taman Nasional NSW, Gary Dunnett, mengatakan taman nasional Blue Mountains adalah beberapa lanskap rawan kebakaran di negara itu, terutama selama musim kemarau.
 
"Mereka sangat rentan terhadap kebakaran skala besar ini," katanya.
 
"Saya pikir masuk akal untuk mengatakan kami belum melihat apa pun dalam skala ini sejak 2000-2001 dan, sekali lagi, kekeringan milenium adalah pendorong utama untuk itu," Dunnett menambahkan.
 
Pada Selasa pagi, 118 kebakaran terjadi di NSW, 48 di antaranya tidak terkendali. Seorang juru bicara untuk departemen perencanaan, industri dan lingkungan NSW mengatakan "pada 800.000 hektar yang terbakar sampai saat ini, ini jauh lebih besar daripada musim rata-rata".
 
"Ini adalah musim terbesar sejak 2002-03 yang memengaruhi lebih dari satu juta hektar taman dan cadangan," katanya.
 
"Kondisi lingkungan, dikombinasikan dengan angin kencang dan kelembaban yang sangat rendah, membuat pemadaman kebakaran sangat sulit dan berbahaya," ujarnya.
 
"Banyak yang menyebut situasi NSW tahun ini sebagai sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan pengalaman kami sampai saat ini akan mendukung pernyataan ini," tambahnya.
 
Dia katakan daerah Blue Mountains adalah lanskap yang disesuaikan untuk pulih setelah kebakaran, dan penilaian dampak yang lebih rinci akan terjadi ketika kondisinya lebih aman.
 
Demikian pula, pemetaan pasca-kebakaran akan dilakukan di daerah Gondwana untuk menentukan dampak penuh terhadap kawasan warisan dunia karena di beberapa cadangan hanya bagian dari taman nasional yang terdaftar sebagai warisan dunia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif