Festival Jelajah Nusantara di Tiongkok. (Foto: Dok. KBRI Beijing)
Festival Jelajah Nusantara di Tiongkok. (Foto: Dok. KBRI Beijing)

Gelar Festival Budaya, Indonesia Tarik Wisatawan Tiongkok

Internasional indonesia-tiongkok
Sonya Michaella • 22 Mei 2019 10:50
Beijing: Seni dan budaya Indonesia kembali memikat dunia internasional. Di Tiongkok, tari dan lagu Indonesia menarik perhatian warga setempat.
 
KBRI Beijing dan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Tiongkok bekerja sama untuk menggelar festival budaya bertajuk Jelajah Nusantara. Acara ini menampilkan grup kesenian asal Jakarta, Gita Nusantara Cemerlang.
 
"Festival ini mengajak warga Tiongkok menjelajahi Indonesia, dari Sumatra hingga Papua," kata Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun, Rabu 22 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setidaknya terdapat tujuh tarian, dua pertunjukan musik dan tiga penampilan lagu dari daerah-daerah di seluruh Nusantara yang ditampilkan pada festival ini. Setidaknya 800 orang yang terdiri dari duta besar negara sahabat, pejabat pemerintah Tiongkok, pengusaha, diaspora, media dan WNI di Tiongkok hadir menikmati acara.
 
Alunan musik gamelan Jawa membuka acara, kemudian dilanjutkan dengan tarian tradisional seperti Tari Bajidor Kahot dari Jawa Barat, Tari Burung Enggang yang merupakan kesenian asli Suku Dayak di Kalimantan, Tari Cupak Gerantang dari Bali, Tari Merak asal Jawa Barat, Tari Lenso dari Maluku, Tari Kinang Kilaras yang merupakan budaya asli Suku Betawi.
 
Festival budaya Jelajah Nusantara merupakan salah satu kegiatan untuk menunjukkan kekayaan seni budaya Indonesia. Digelar bertepatan dengan penyelenggaraan Conference on Dialogue of Asian Civilizations di Beijing, festival ini juga bertujuan untuk meningkatkan dialog antar budaya khususnya Indonesia dan Tiongkok.
 
Djauhari meyakini, penyelenggaraan festival ini juga diharapkan dapat meningkatkan citra Indonesia di Tiongkok dan menjadi daya pikat warga Tiongkok untuk berwisata ke Indonesia, dalam rangka mencapai target wisatawan mancanegara terutama dari Tiongkok sebanyak 3,5 juta pengunjung di tahun ini.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif