PM Shinzo Abe bawa karangan bunga di Makam Pahlawan Perang Chidorigafuchi. Foto: AFP.
PM Shinzo Abe bawa karangan bunga di Makam Pahlawan Perang Chidorigafuchi. Foto: AFP.

PM Shinzo Abe Kirim Penghormatan di Kuil Yasukuni

Internasional jepang
Medcom • 15 Agustus 2019 16:11
Tokyo: Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe memberikan penghormatan di sebuah kuil kontroversial Tokyo untuk mengenang korban Perang Dunia (PD) II. Namun, ia mengunjunginya secara tidak langsung terkait ketegangan dengan Korea Selatan (Korsel).
 
PM Abe mengirim ajudannya ke Kuil Yasukuni yang dianggap sebagai simbol militer Jepang di masa lalu. Namun, pihaknya tetap menjauh dari kuil sebagai tanda penghormatan terhadap pahlawan-pahlawan Jepang yang gugur di masa perang, termasuk yang dianggap sebagai penjahat perang oleh negara di Asia.
 
“Langkah PM Abe ini dilakukan pertama kali ketika Tokyo dan Korsel terlibat perang dagang,” dilansir dari AFP, Kamis, 15 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terakhir kali PM Abe mengunjungi kuil Yasukuni oada Desember 2013 dalam tahun pertamanya berkuasa. Hal ini memicu kemarahan Beijing dan Seoul, serta teguran diplomatik langka dari sekutu Amerika Serikat.
 
Sejak saat itu, PM Abe berusaha untuk menjauh dari Yasukuni agar hubungan Tiongkok dan Jepang tetap membaik namun rumit. Presiden Tiongkok Xi Jinping pun dijadwalkan mengunjungi Jepang tahun depan sebagai bentuk sambutan hangat antar dua negara raksasa Asia.
 
Kuil Yasukuni menghormati 2,5 juta orang yang tewas dalam perang, kebanyakan orang Jepang, yang tewas saat perang antar negara sejak akhir abad ke-19. Kuil juga mengabadikan para tokoh-tokoh petinggi militer dan politikus yang dihukum karena kejahatan usai diputuskan pengadilan internasional setelah PD II.
 
Ini menjadi titik temu mengenai kritikan dari berbagai negara yang menderita akibat kolonialisme dan agresi Jepang pada pertengahan tahun abad ke-20. Tidak ada keterangan lebih lanjut mengenai anggota kabinet Abe yang mengunjungi kuil meskipun anggota-anggota parlemen berencana untuk melakukan ziarah tahunannya.
 
PM Abe akan mengutarakan pidatonya saat upacara tanda ulang tahun Jepang. Kaisar Naruhito akan memberikan sambutan perdana mengenai perang semenjak ia naik takhta Mei lalu.
 

Penulis: Rifqi Akbar
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif