Truk yang berisi 39 mayat ditemukan di Inggris. Foto: AFP
Truk yang berisi 39 mayat ditemukan di Inggris. Foto: AFP

Tiongkok Belum Terima Konfirmasi Identitas 39 Mayat di Truk

Internasional inggris tiongkok
Fajar Nugraha • 25 Oktober 2019 12:57
Beijing: Kementerian Luar Negeri Tiongkok, masih belum mengetahui 39 orang yang ditemukan tewas di truk kontainer di Inggris adalah warga mereka. Menurut mereka, polisi Inggris belum memberikan konfirmasi kewarganegaraan 39 korban itu.
 
Seorang pejabat konsuler Tiongkok melakukan perjalanan ke Essex pada Kamis. Perjalanan dilakukan satu hari setelah pekerja darurat menemukan mayat di dalam wadah berpendingin kendaraan yang diparkir di kawasan industri.
 
Polisi di Inggris mengatakan "semua diyakini warga negara Tiongkok”. Truk itu tiba dengan menggunakan kapal feri dari Belgia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Polisi Inggris mengatakan mereka memverifikasi identitas para korban dan tidak dapat mengonfirmasi apakah mereka orang Tiongkok,” kata Kementerian Luar Negeri Tiongkok dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Pejabat konsuler Tiongkok, Tong Xuejun, mengatakan kepada stasiun televisi pemerintah CCTV pada hari Kamis bahwa ia telah bertemu dengan polisi Inggris.
 
"Kami akan mendesak polisi Inggris untuk mencari tahu kebenaran lebih lanjut. Kami akan terus memberi tahu media tentang perkembangan terbaru dari insiden itu," kata Tong.
 
Pasukan polisi setempat, yang telah menangkap supir truk itu atas dugaan pembunuhan, mengatakan delapan orang yang tewas adalah wanita dan 31 orang adalah pria.
 
Ini adalah penyelidikan pembunuhan terbesar di Inggris dalam lebih dari satu dekade. Kematian itu menggemakan penemuan 58 imigran Tiongkok yang disembunyikan di sebuah truk Belanda di pelabuhan Dover Inggris pada tahun 2000. Hanya dua yang selamat.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif