Sebuah jembatan di Nanfangao, Taiwan, tiba-tiba runtuh saat cuaca cerah pada Selasa 1 Oktober 2019. (Foto: AFP/SAM YEH)
Sebuah jembatan di Nanfangao, Taiwan, tiba-tiba runtuh saat cuaca cerah pada Selasa 1 Oktober 2019. (Foto: AFP/SAM YEH)

Otoritas Taiwan Temukan Dua Jenazah WNI di Puing Jembatan

Internasional taiwan
Willy Haryono • 02 Oktober 2019 10:32
Taipei: Dua dari tiga warga Indonesia yang dinyatakan hilang dalam insiden jembatan runtuh di Taiwan akhirnya ditemukan, Rabu 2 Oktober 2019. Keduanya ditemukan dalam kondisi meninggal.
 
"Kedua jenazah telah dievakuasi ke RS Veteran di Yilan. Otoritas Taiwan masih terus mencari seorang WNI yang masih hilang," ucap Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha, Rabu 2 Oktober 2019.
 
Sementara itu, Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taiwan terus berkoordinasi dengan Kemenlu RI mengenai peristiwa ini. KDEI akan membantu repatriasi kedua jenazah serta urusan terkait hak-hak ketenagakerjaan mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Insiden jembatan runtuh ini juga telah melukai empat WNI yang berada di lokasi. Keempatnya telah dilarikan ke rumah sakit.
 
"Keseluruhan korban WNI baik luka maupun meninggal adalah pekerja migran Indonesia yang resmi bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di kapal ikan milik Taiwan," tutur Judha.
 
Sebelumnya, tim penyelamat Taiwan mengaku telah menemukan empat jenazah di balik puing jembatan. Namun kala itu, Taiwan belum mengetahui kewarganegaraan mereka.
 
Dua orang lainnya, yang juga diduga pekerja asing, hingga kini masih dinyatakan hilang.
 
Jembatan yang menghubungkan teluk Nanfangao ini tiba-tiba runtuh di tengah cuaca cerah dan menimpa sejumlah kapal nelauan serta truk pengangkut minyak.
 
Menteri Transportasi Taiwan Lin Chia-lung menegaskan pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti kecelakaan. Menurutnya, jembatan buatan 1998 tersebut masih dapat bertahan hingga 50 tahun ke depan.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif