PM Jepang Rencanakan Pertemuan dengan Kim Jong-un
PM Jepang Shinzo Abe. (Foto: AFP)
Tokyo: Setelah Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, kini giliran Jepang menyatakan ingin bertemu dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

Kabarnya, Pemerintah Jepang sedang menyusun rencana pertemuan antara Perdana Menteri Shinzo Abe dan Kim Jong-un.

"Rencana tersebut sedang disusun. Kemungkinan Agustus PM Abe akan ke Pyongyang," kata sumber pemerintah, dikutip dari Channel News Asia, Kamis 14 Juni 2018.


Disebutkan pula, pejabat dari dua negara telah melakukan kontak dalam beberapa bulan terakhir untuk merundingkan kemungkinan dihelatnya pertemuan.

Namun, jika rencana ini mengalami kendala, Jepang siap mengincar skenario lain yaitu Abe dan Kim akan bertemu di sela-sela Forum Ekonomi Timur yang diselenggarakan di Vladivostok, Rusia.

Kim sendiri telah mendapatkan undangan langsung dari Presiden Rusia Vladimir Putin untuk datang ke forum tersebut. 

Terkait pertemuan Trump dan Kim, Abe pun menyambutnya dengan baik. Selama ini, Jepang menjadi sekutu AS dan Korsel yang menentang program nuklir Korut. Beberapa kali rudal Korut pun diluncurkan dekat dengan Laut Jepang.

Bahkan, Jepang bersedia membantu ekonomi Korut asalkan negara tersebut benar-benar menjalankan denuklirisasi sesuai kesepakatan yang disetujui Trump dan Kim di Singapura. 




(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id