Ilustrasi bangunan roboh. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi bangunan roboh. (Foto: Medcom.id)

Menara Berusia 2.000 Tahun di Afghanistan Ambruk

Internasional afghanistan
Marcheilla Ariesta • 16 Juni 2019 09:19
Ghazni: Sebuah menara kuno berusia 2.000 tahun di Ghazni, Afghanistan, roboh. Ambruknya menara memicu kekhawatiran publik mengenai kemampuan pemerintah dalam menjaga situs-situs bersejarah di negara tersebut.
 
"Pemerintah tidak memberi perhatian berarti terhadap situs ini, dan tidak membangun kanal untuk mengalihkan air jika terjadi banjir," ujar warga yang tinggal dekat menara tersebut, Ghulam Sakhi, dilansir dari laman Euronews, Sabtu 15 Juni 2019.
 
Kota Ghazni awalnya memiliki 36 menara, namun 14 telah roboh dalam beberapa tahun terakhir akibat beragam faktor seperti hujan deras dan konflik bersenjata. Menara yang belum lama roboh ini merupakan salah satu dari puluhan situs bersejarah unik di Afghanistan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para pejabat setempat mengatakan Ghazni hampir jatuh ke tangan kelompok militan Taliban tahun lalu. Mereka mengatakan menara tersebut ambruk akibat dampak hujan lderas ebat pada Selasa 11 Juni.
 
Sebuah video di media sosial menunjukkan bagaimana menara tersebut akhirnya roboh. Menurut Sakhi, warga telah mengingatkan pemerintah mengenai kondisi menara tersebut.
 
"Tapi tak ada (pejabat) yang mengunjungi wilayah ini," imbuh dia.
 
Pelaksana Tugas Direktur Budaya dan Informasi di Ghazni, Mahbubullah Rahmani, mengatakan hujan deras baru-baru ini menjadi penyebab robohnya menara. Namun, dia mengatakan pemerintah Afghanistan sedang menyusun rencana untuk melindungi situs tersebut dari kehancuran total, meski semua itu sudah terlambat.
 
Ghazni merupakan wilayah strategis yang jalan rayanya menghubungkan ibu kota Kabul dan wilayah Afghanistan selatan. Kota ini merupakan rumah bagi berbagai artefak budaya dan arkeologi, beberapa diantaranya berasal dari periode sebelum masuknya Islam.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif