Sebanyak 241 WNI hendak menaiki pesawat di bandara Wuhan, Tiongkok, Minggu 2 januari 2020 dini hari. (Foto: KBRI Beijing)
Sebanyak 241 WNI hendak menaiki pesawat di bandara Wuhan, Tiongkok, Minggu 2 januari 2020 dini hari. (Foto: KBRI Beijing)

Empat WNI di Hubei tak Ikut Proses Evakuasi

Internasional virus korona wni
Marcheilla Ariesta • 02 Februari 2020 08:19
Jakarta: Empat warga negara Indonesia tidak ikut dalam proses evakuasi dari Hubei, provinsi pusat penyebaran virus korona di Tiongkok. Hal ini terlihat dalam tulisan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di akun Instagram, yang mengatakan bahwa hanya 241 dari 245 WNI yang dievakuasi dari Hubei.
 
"Alhamdulillah sampai saat ini 241 WNI yang akan kembali semua dalam kondisi sehat, dan protokol kesehatan akan terus diterapkan secara disiplin," tutur Retno dalam akun Instagram-nya, @retno_marsudi.
 
Kementerian Luar Negeri telah mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut. "Betul, ada empat yang tidak jadi ikut (evakuasi)," kata pelaksana tugas juru bicara Kemenlub Teuku Faizasyah kepada Medcom.id, Minggu 2 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Keempatnya tidak jadi ikut dengan berbagai pertimbangan dan alasan dalam proses pemulangan yang bersifat sukarela," imbuh dia.
 
Meski demikian, Faizasyah mengaku belum mendapat informasi lebih lanjut mengenai mengapa keempat WNI memutuskan tidak ikut dievakuasi.
 
Sebelumnya, dalam prosesi pelepasan tim evakuasi ke Wuhan kemarin, Menlu Retno mengatakan ada 245 WNI plus lima tim aju (advance) yang akan diangkut dari Wuhan menuju ke Indonesia. Sementara itu, tim evakuasi dari Jakarta yang berangkat berjumlah 42 orang, terdiri dari para diplomat RI, TNI, kru pesawat, dan tim kesehatan.
 
"Ini misi sangat mulia harus kita jalankan dengan penuh kedisiplinan," tegas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, kemarin.
 
Retno menjelaskan pemerintah ketat menerapkan prosedur aspek kesehatan. Mulai sebelum keberangkatan ke Tiongkok hingga tiba kembali di Tanah Air.
 
Dia juga meminta doa serta dukungan masyarakat Indonesia atas misi penjemputan ini. Retno juga berterima kasih atas kerja sama seluruh pihak yang telah membantu.
 
Hingga saat ini, korban tewas virus korona tipe Novel Coronavirus( (2019-nCoV) di Tiongkok mencapai 304 orang, dengan jumlah infeksi di seantero negara tersebut melampaui 11 ribu.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif