Dalam Hitungan Hari, Anwar Ibrahim Akan Dibebaskan

Marcheilla Ariesta 11 Mei 2018 16:41 WIB
politik malaysia
Dalam Hitungan Hari, Anwar Ibrahim Akan Dibebaskan
Pemimpin koalisi Pakatan Harapan Anwar Ibrahim. (Foto: AFP).
Kuala Lumpur: Wakil Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Nurul Izzah mengungkapkan ayahnya, Anwar Ibrahim akan segera dibebaskan. Nurul Izzah mengatakan hal tersebut untuk mengklarifikasi laporan Sinar Harian yang mengatakan Anwar dibebaskan hari ini.

"Saya mengklarifikasi kepada Sinar Harian yang salah mendengar, Saya katakan, akan segera dibebaskan. Hanya beberapa hari lagi, namun kami berharap memang hari ini," ucap Nurul Izzah, seperti dikutip dari laman Malaysia Kini, Jumat 11 Mei 2018.

Anwar sendiri sebenarnya dijadwalkan bebas pada 8 Juni mendatang. Namun, Perdana Menteri Malaysia yang baru, Mahathir Mohamad mengatakan Raja telah setuju untuk memberikan pengampunan.


"Raja telah mengindikasikan dia bersedia mengampuni Datuk Sri Anwar segera," kata Mahathir dalam konferensi pers.

"Kami akan memulai proses yang tepat untuk mendapatkan pengampunan bagi Datuk Sri Anwar. Ini berarti pengampunan penuh. Dia harus segera dibebaskan ketika dia (sudah) diampuni," imbuh Mahathir.

Dia berjanji pada akhirnya akan menyerahkan posisi perdana menteri kepada Anwar. Sebelumnya, keduanya adalah musuh bebuyutan namun menjadi sekutu opisisi untuk menggulingkan mantan perdana menteri Najib Razak.

Rekonsiliasi Mahathir dengan Anwar telah menjadi salah satu aspek paling luar biasa  dari pemilihan umum Negeri Jiran. Perseteruan keduanya terjadi usai Mahathir memecat Anwar pada 1998 karena perbedaan politik.



(FJR)