Polusi udara menyelimuti Bangkok. (Foto: AFP)
Polusi udara menyelimuti Bangkok. (Foto: AFP)

Atasi Polusi Udara, Thailand Ciptakan Hujan Buatan

Internasional thailand polusi udara
Sonya Michaella • 14 Januari 2019 16:13
Bangkok: Untuk meminimalisasi polusi udara, Thailand akan mengerahkan pesawat untuk menurunkan 'hujan buatan.' Polusi menyelimuti ibu kota Bangkok dalam beberapa pekan terakhir.

Teknik 'hujan buatan' tersebut dimodifikasi dengan menggunakan bahan kimia untuk membantu pengembunan awan, yang secara teori akan menghasilkan hujan.

"Hujan buatan akan dilakukan besok. Namun itu tergantung pada angin dan tingkat kelembaban," kata Direktur Jenderal Departemen Pengontrolan Polusi Thailand Pralong Dumrongthai, dikutip dari laman Strait Times, Senin 14 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sejak pekan lalu hingga hari ini, polusi udara menyelimuti Kota Bangkok. Menurut sebuah studi lingkungan, Bangkok menduduki peringkat ke-10 sebagai ibu kota paling tercemar di dunia. Polusi udara ini disebut berasal dari emisi kendaraan, pembakaran ladang dan asap dari pabrik. Sejauh ini, belum ada imbauan dari pemerintah terkait penggunaan masker oleh warga. 

Monitor indeks kualitas udara, Air Visual, menyebut Bangkok berada di level udara tidak sehat dalam dua bulan terakhir. Namun, studi ini dibantah pemerintah.

"Angka PM kami tinggi, tetapi belum krisis. Kami tidak berada dalam kisaran 120-150 PM, di mana semua orang harus memakai masker mereka keluar rumah," sebut pernyataan dari Departemen Pengontrolan Polusi. 

Sanggahan ini diprotes kelompok pecinta lingkungan seperti Greenpeace. Direktur Greenpeace di Thailand, Tara Buakamsri mengatakan pemerintah harus segera mengambil tindakan terkait pencemaran udara.

Sejauh ini, pemerintah Thailand telah meminta pekerja di kawasan kota untuk menyemprotkan air di sepanjang jalan. Warga juga diimbau untuk tinggal di dalam rumah di waktu tertentu saat polusi udara meningkat. 


(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi