Longsor akibat gempa di Prefektur Niigata. (Foto: AFP)
Longsor akibat gempa di Prefektur Niigata. (Foto: AFP)

Jepang Cabut Peringatan Tsunami

Internasional gempa bumi jepang
Sonya Michaella • 20 Juni 2019 07:00
Tokyo: Jepang akhirnya mencabut peringatan tsunami usai diguncang gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) pada 18 Juni kemarin di Prefektur Niigata. Awalnya, Jepang mengeluarkan adanya peringatan tsunami kecil.
 
Menurut Survei Geologi AS (USGS), gempa ini berlangsung selama 20 detik dan mengakibatkan tanah longsor yang menutup jalan. Selain itu, aliran listrik di 9.000 bangunan juga terputus.
 
Gempa terjadi pada pukul 10.22 malam waktu setempat pada kedalaman 12 kilometer atau 7.5 mil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan bekerja sama dengan pihak berwenang setempat untuk memberikan langkah-langkahmanajemen bencana termasuk operasi penyelamatan nyawa dan penyelamatan dan telah menginstruksikan para pejabat untuk memberikan informasi secara tepat waktu dan akurat," kata Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga, dikutip dari AFP, Kamis 20 Juni 2019.
 
Baca:Gempa Guncang Jepang, Sempat Picu Peringatan Tsunami
 
Kuatnya guncangan terasa hingga ke wilayah ibu kota, yang berjarak lebih dari 300 meter dari episenter gempa.
 
Guncangan terjadi pada malam hari di area yang jumlah penduduknya sedikit, sehingga pemerintah kesulitan mengevaluasi potensi bahaya yang mungkin ditimbulkan. Dikutip media NHK, sejumlah saksi mata mengaku merasakan guncangan kuat yang membuat deretan buku di rak berjatuhan.
 
Dalam sebuah konferensi pers, seorang pejabat agensi di Niigata meminta warga untuk tetap waspada karena "gempa bisa saja terjadi kembali." Ia juga memperingatkan bahwa cuaca buruk diproyeksikan melanda Niigata, yang dapat memicu musibah tanah longsor.
 

 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif