Tiongkok imbau pelajar tak lakukan kunjungan ke AS. (Foto: AFP).
Tiongkok imbau pelajar tak lakukan kunjungan ke AS. (Foto: AFP).

Tiongkok Imbau Pelajar Tak Kunjungi AS

Internasional as-tiongkok
Marcheilla Ariesta • 03 Juni 2019 16:45
Beijing: Kementerian Pendidikan Tiongkok mengeluarkan imbauan mengenai kunjungan ke Amerika Serikat (AS). Imbauan ini dikeluarkan untuk para pelajar dan cendekiawan.
 
"Pelajar dan cendekiawan yang berencana untuk mengunjungi Amerika Serikat agar berhati-hati dan melihat kembali risiko terkait," demikian disampaikan Kementerian Pendidikan Tiongkok, dilansir dari laman Channel News Asia, Senin, 3 Juni 2019.
 
Imbauan ini disampaikan usai semakin meningkatnya ketegangan antara Beijing dan Washington akibat perang dagang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Pertahanan Tiongkok Jenderal Wei Fenghe mengatakan jika AS ingin berperang negaranya telah siap. Namun, Beijing tak menutup kemungkinan untuk melanjutkan dialog.
 
"Tentang gesekan perdagangan yang dimulai oleh AS, jika Amerika Serikat ingin berbicara, kami akan tetap membuka pintu. Jika mereka ingin berperang, kami siap," ujar dia.
 
Baca juga: Perang Dagang, Tiongkok-AS Tetap Buka Dialog
 
Beijing dan Washington telah terlibat dalam perang dagang yang memanas sejak setahun lalu. Sejauh ini, mereka menetapkan pertukaran tarif perdagangan sebesar USD360 miliar atau setara Rp5.139 triliun.
 
Kedua negara ini berlomba mencari pengaruh di kawasan Asia-Pasifik. Wilayah ini menampung titik-titik potensial, seperti Laut China Selatan, Semenanjung Korea, dan Selat Taiwan.
 
Washington telah mendorong balik militerisasi agresif Beijing atas Laut China Selatan. Padahal Tiongkok mempertaruhkan kepemilihan 'tak terbantahkan' di seluruh wilayah Laut China Selatan yang juga diklaim sebagian oleh Taiwan, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.
 
Tak hanya mengeluarkan imbauan perjalanan, Tiongkok juga memperingatkan banyaknya visa warga Negeri Tirai Bambu yang ditolak Pemerintah AS.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif