Hotel yang rusak berat akibat guncangan gempa di Filipina. Foto: AFP
Hotel yang rusak berat akibat guncangan gempa di Filipina. Foto: AFP

Sebuah Hotel Terancam Roboh Akibat Gempa di Filipina

Internasional gempa filipina
Medcom • 31 Oktober 2019 12:14
Manila: Gempa berkekuatan magnitudo 6,5 melanda pusat Mindanao di Filipina selatan. Sebuah hotel dikabarkan roboh akibat guncangan gempa itu.
 
Gempa tersebut yang awalnya terdeteksi oleh Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) berkekuatan magnitudo 6,8. Ini adalah gempa ketiga yang melanda daerah tersebut sejak 16 Oktober. Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (PHIVOLCS) kemudian mervisi kekuatan gempa menjadi magnitudo 6,5.
 
“Hotel di Kidapawan ini juga menampung usaha warga setempat. Namun tidak ada seorang pun di dalamnya,” kata Wali Kota Kidapawan, Joseph Evangelista kepada radio DZMM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Channel News Asia, Kamis, 31 Oktober 2019, belum ada laporan terkini tentang berapa korban dari gempa susulan ini.
 
Pusat gempa tercatat berada di 33 kilometer timur laut kota Tulunan di Provinsi Cotabato, yang terletak di sebelah barat Kota Davao.
 
“(Guncangan) itu sangat kuat dan berlangsung lama. Orang-orang mulai panik dan berlarian ke luar ruangan,” sebut Wakil Wali Kota Tulunan, Maureen Ann Villamor.
 
Presiden Filipina Rodrigo Duterte, yang berada di kota asalnya, Davao City, sekitar 114 km dari Kota Kidapawan ketika gempa melanda, dikabarkan dalam kondisi aman. Hal ini dipastikan oleh Juru Bicara Kepresidenan Salvador Panelo.
 
PHIVOLCS mengatakan, gempa hari Kamis dapat dianggap sebagai gempa susulan setelah gempa 6,6 yang mengguncang pusat Mindanao pada 29 Oktober dan menyebabkan sedikitnya delapan orang tewas dan lebih dari 300 lainnya terluka.
 
Struktur dari beberapa bangunan dan rumah di Mindanao melemah oleh gempa bumi magnitudo 6,3 yang melanda pada 16 Oktober.
 

 

 

Penulis: Fitri Nur Rizkyani

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif