Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Lama Antre Paspor, WNI Wafat di Trotoar KBRI Kuala Lumpur

Internasional wni
Marcheilla Ariesta • 01 November 2019 14:03
Kuala Lumpur: Seorang Warga Negara Indonesia (WNI), Tamam, dilaporkan meninggal dunia saat mengantre paspor di Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur. Meninggalnya Tamam diungkapkan oleh pendiri Migrant Care Indonesia, Anis Hidayah lewat akun Facebook-nya.
 
Anis mengatakan mendapat kabar duka tersebut dari seorang kenalannya. "Pak Tamam, warga Bawean meninggal dunia di trotoar KBRI Kuala Lumpur saat antre paspor pada Kamis, 31 Oktober 2019, pukul 19.20 malam waktu setempat," kata Anis di Facebook.
 
Berdasarkan informasi dari keluarga, Tamam ternyata memiliki riwayat penyakit jantung. Meski demikian, kata Anis, antrean paspor di trotoar KBRI Kuala Lumpur ini memang menggelisahkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagaimana tidak, sejak 12 jam siang teman-teman buruh migran sudah harus mengambil antrean dan antre hingga larut malam untuk mendapat nomor dan menunggu proses paspor keesokan harinya," terang Anis.
 
Anis mengatakan, kebanyakan para buruh migran datang dari jauh dan terpaksa menunggu di trotoar. "Bisa dibayangkan angin malam menemani dan mengancam. Apalagi mereka yang datang seusai lembur," imbuhnya.
 
Kepergian Tamam, kata Anis, mesti jadi momentum dan bahan evaluasi oleh Kementerian Luar Negeri, imigrasi dan KBRI Kuala Lumpur, terkait mekanisme antrean paspor. Pasalnya, kata dia, di antara mereka banyak perempuan lanjut usia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif