Alex Sigley. (Foto: AFP)
Alex Sigley. (Foto: AFP)

Australia Belum dapat Info Warganya Hilang di Korut

Internasional australia korea utara
Sonya Michaella • 28 Juni 2019 10:44
Canberra: Perdana Menteri Australia Scott Morrison menegaskan bahwa ia akan mengerahkan segala cara untuk mencari warganya bernama Alex Sigley yang dikabarkan hilang di Korea Utara (Korut).
 
"Kami belum memiliki informasi lebih lanjut tapi kami akan terus mencarinya," kata Morrison, dikutip dari AFP, Jumat 28 Juni 2019.
 
"Kami belum bisa memastikan sesuatu terkait warga negara kami karena Australia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Korut. Kami menerima bantuan dari Swedia," lanjutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keluarga Sigley mengaku belum menerima kabar dari putranya yang sedang melanjutkan studi di Universitas Kim Il Sung dengan jurusan Sastra Korea.
 
Istri Sigley, Yuka Morinaga, mengatakan Senin 24 Juni adalah terakhir kali ia berkomunikasi dengan suaminya dan Sigley tidak menunjukkan gelagat aneh.
 
Baca:Australia Selidiki Warganya yang Ditahan Korut
 
Ketika diselidiki dari akun media sosialnya, Sigley memang memiliki ketertarikan dengan Korut. Ia selalu mengunggah konten yang menghapus stigma bahwa Korut adalah negara yang menyeramkan.
 
Sigley sempat menulis bahwa ia memiliki ketertarikan dengan isu Asia Timur serta sosialisme. Ia juga menceritakan pengalaman pertamanya mengunjungi Korut pada 2012.
 
Sebelumnya, Sigley --keturunan Inggris, Australia dan Tiongkok-- pernah belajar di Universitas Fudan di Shanghai dan pernah tinggal di Korea Selatan, sebelum melanjutkan studi ke Pyongyang.
 
Dia juga diyakini memiliki tur wisata ke Pyongyang, namun tidak diketahui telah berapa lama ia menjalankan usahanya dan apakah tur tersebut dianggap legal oleh Pemerintah Korut.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif