PM Jepang Shinzo Abe dalam konferensi pers di Tokyo, 10 Desember 2018. (Foto: AFP/Toshifumi Kitamura)
PM Jepang Shinzo Abe dalam konferensi pers di Tokyo, 10 Desember 2018. (Foto: AFP/Toshifumi Kitamura)

Telepon Jokowi, PM Jepang Berduka untuk Korban Tsunami

Internasional indonesia-jepang Tsunami di Selat Sunda
26 Desember 2018 10:26
Tokyo: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menelepon langsung Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan ucapan duka cita atas musibah tsunami di Selat Sunda yang telah menewaskan ratusan orang. Percakapan di telepon berlangsung sekitar 10 menit pada Selasa 25 Desember, pukul 15.30 WIB.

Dalam keterangan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, disebutkan bahwa PM Abe menyampaikan rasa sedih atas jatuhnya banyak korban jiwa yang diakibatkan tsunami di Selat Sunda. Dia juga menyatakan kesediaan Jepang untuk memberikan bantuan apapun untuk meringankan penderitaan masyarakat Indonesia.

Baca: Kerajaan Inggris Berduka atas Tsunami di Selat Sunda

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Jepang dan Indonesia sama-sama negara rawan bencana, maka kedua negara saling mengerti mengenai kesulitan yang dihadapi. Jepang selalu bersama dengan Indonesia dalam menghadapi masa sulit ini," ucap PM Abe, dalam transkrip percakapan dari Kedubes Jepang di Jakarta. Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih atas perhatian dan simpati hangat yang disampaikan Jepang. Dia mengatakan kepada PM Abe bahwa Indonesia untuk saat ini akan berkonsentrasi pada keselamatan nyawa dan evakuasi penduduk.

Sebelumnya, ucapan duka juga telah disampaikan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono kepada Indonesia.

Data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat tsunami di Selat Sunda menewaskan 429 orang, 1.485 luka-luka, 154 hilang dan 16.082 lainnya mengungsi. Sementara untuk total kerugian masih dalam pendataan.

 


(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi