Jenazah Adelina Diserahkan kepada Keluarga di NTT

Marcheilla Ariesta 17 Februari 2018 20:58 WIB
tki
Jenazah Adelina Diserahkan kepada Keluarga di NTT
Puluhan orang menjemput jenasah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Adelina Jemira Sau, 29, di Kargo Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu 17 Februari 2018. (Foto: MI/Palce)
Kupang: Jenazah Adelina Jemirah Sau, warga negara Indonesia yang tewas di Penang, sudah diserahkan kepada keluarganya di Desa Abi, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kementerian Luar Negeri mengawal seraht erima jenazah Adelina pada keluarga.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Sabtu 17 Februari 2018, melaporkan serah terima jenazah berlangsung dalam sebuah prosesi adat. Wakil Kemenlu, Tody Baskoro yang menyerahkan jenazah pada keluarga.

"Penyerahan jenazah Adelina serta kompensasi dari agen pengirim tidak akan menghentikan upaya Kemlu dan KJRI untuk memperjuangkan keadilan bagi Adelina," ujar Tody.


"Kami akan kawal proses hukumnya hingga keadilan diperoleh", tegasnya.

Dubes Rusdi saat ditemui beberapa waktu lalu menegaskan KBRI Kuala Lumpur tidak akan lagi menempuh jalur damai untuk permasalahan TKI, terutama untuk perempuan.

'Tidak ada lagi proses damai, bayar gaji, lalu majikan tidak dipenjara. Tidak akan lagi ada seperti itu. Kita harus tegas,' ungkapnya berapi-api.

Pemilik maskapai penerbangan Lion Grup ini juga mengaku ingin bertemu dengan majikan Adelina sepulangnya dari Jakarta ke Kuala Lumpur nanti.

'Saya ingin lihat seperti apa majikan yang tega membuat TKI kita jadi seperti itu,' ungkap dia lagi.

Baca: 62 TKI asal NTT Tewas di Malaysia Sepanjang 2017

Terkait dengan tewasnya Adelina, otoritas Malaysia juga sudah menangkap tiga orang, terdiri dari ibu dan dua kakak beradik, yang diduga adalah majikan Adelina.

Adelina ditemukan sedang tidur di tikar di luar rumah. Kabarnya, sudah sebulan lebih ia tak boleh masuk rumah dan harus tidur di luar bersama anjing peliharaan majikan.

Selain menahan tiga orang, kepolisian Malaysia sedang memeriksa 19 orang lainnya dalam kasus Adelina.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan BHI Kemenlu Lalu Muhammad Iqbal mengatakan Kepolisian Prai Tengah, Penang, akan menyerahkan berkas kasus ini ke jaksa penuntut umum pekan depan.

"Jadi kemungkinan dalam satu dua hari ke depan akan ditetapkan tersangkanya," ujar Iqbal.





(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id