Warga Thailand menuntut agar pemilu segera dilaksanakan. (Foto: EPA)
Warga Thailand menuntut agar pemilu segera dilaksanakan. (Foto: EPA)

Ratusan Warga Thailand Akan Demo Tuntut Pemilu Dilaksanakan

Internasional thailand
Sonya Michaella • 17 Januari 2019 14:44
Bangkok: Ratusan warga Thailand berencana akan menggeruduk ibu kota Bangkok untuk menuntut pemilihan umum segera dilaksanakan. Pemilu diundur hingga Mei 2019.
 
Penundaan pemilu sudah lima kali dilakukan sejak 2014. Tanggal awal ditetapkan pada November 2018, namun diundur hingga Februari 2019, hingga akhirnya diundur lagi Maret 2019 dan ditetapkan pada Mei 2019.
 
"Jika tidak ada pengumuman pasti soal pemilu, kami akan terus berada di sana hingga Sabtu untuk menuntut kepastian," kata pemimpin unjuk rasa, Nuttha Mahattana, dikutip dari Strait Times, Kamis 17 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Panglima Angkatan Darat Thailand Apirat Kongsompog telah memperingatkan para pedemo agar tidak melewati batas, misalnya membuat Bangkok ricuh dan hingga menimbulkan korban jiwa.
 
Baca:Pemilu Thailand Ditunda Lagi
 
"Kami menuntut agar pemilu segera diadakan paling lambat Maret 2019. Kami akan terus menuntut pemerintah untuk melaksanakan pemilu," ujar dia lagi.
 
Penundaan pemilu ini memicu protes dan tagar #DelayMyAss di media sosial. Pasalnya, pemilu tahun ini akan bertepatan dengan penobatan Raja Vajiralongkorn pada 4 Mei 2019.
 
Sebelumnya, pemerintah akan mengadakan ritual kerajaan yang berlangsung 15 hari sebelum dan sesudah tanggal tersebut.
 
Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha menegaskan, pemilu akan diadakan sebelum penobatan Raja. Namun, pemerintah memang harus fokus dan menyiapkan penobatan terlebih dahulu.
 
Di bawah hukum Thailand, Komisi Pemilihan Umum harus mengesahkan Anggota Parlemen yang menang dalam waktu 60 hari setelah pemungutan suara. Parlemen harus mengadakan sidang dalam waktu 15 hari dari pemilu dan Raja harus memimpin pembukaan parlemen.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif