Tim penyelam mencari korban tewas di perairan dekat White Island, Selandia Baru, Jumat 13 Desember 2019. (Foto: New Zealand Defence Force via AFP)
Tim penyelam mencari korban tewas di perairan dekat White Island, Selandia Baru, Jumat 13 Desember 2019. (Foto: New Zealand Defence Force via AFP)

Pencarian Korban Erupsi Selandia Baru Berlanjut

Internasional gunung berapi selandia baru
Willy Haryono • 14 Desember 2019 08:11
Wellington: Kepolisian Selandia Baru mengatakan bahwa tim penyelam telah melanjutkan operasi pencarian jasad korban erupsi gunung berapi di dekat pulau White Island. Tim meyakini masih ada dua jasad tersisa.
 
sedikitnya satu jasad sempat terlihat di perairan dekat gunung berapi pada Jumat 13 Desember. Satu hari sebelumnya, enam jenazah berhasil dievakuasi dan telah dikirim ke Auckland untuk diidentifikasi lebih lanjut.
 
Sejauh ini, 14 kematian telah dikonfirmasi dari peristiwa erupsi di White Island yang terjadi pada 9 Desember. Sekitar 20 korban luka masih dirawat intensif di beberapa rumah sakit di Selandia Baru dan Australia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pencarian akan dilanjutkan untuk menelusuri jenazah tersisa, namun dengan catatan jika kondisi di lapangan memungkinkan," ujar pernyataan kepolisian Selandia Baru, dilansir dari BBC, Sabtu 14 Desember 2019.
 
Jika telah berhasil dievakuasi dari White Island, maka dua jenazah tersisa itu akan dikirim ke Aukland untuk diperiksa sejumlah pakar, termasuk patolog, dokter gigi dan petugas pemeriksa sidik jari.
 
Polisi akan terus mengumpulkan informasi terkait korban, seperti penampilan, pakaian, foto, sidik jari, rekam medis serta sampel DNA. Rangkaian detail itu kemudian akan dicocokkan dengan pemeriksaan post-mortem.
 
"Ini adalah proses panjang dan kompleks. Kami berusaha secepat mungkin agar para korban dapat dipulangkan ke keluarga masing-masing," kata Wakil Komisioner Polisi John Tims.
 
Sedikitnya 27 korban erupsi gunung berapi di Selandia Baru mengalami luka bakar serius hingga 71 persen. Tingginya angka korban luka serius serta masih adanya sejumlah orang hilang membuat Pemerintah Selandia Baru khawatir jumlah korban tewas dapat bertambah.
 
Total 47 orang berada di White Island saat erupsi terjadi.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif