Ilustrasi gempa. (Foto: Medcom.id).
Ilustrasi gempa. (Foto: Medcom.id).

Gempa di Laut Banda Terasa Hingga Australia

Internasional gempa bumi
Marcheilla Ariesta • 24 Juni 2019 12:04
Darwin: Gempa hebat berkekuatan 7,3 Skala Richter di Laut Banda, Indonesia, terasa hingga ke Australia. Biro meteorologi di wilayah utara Australia melaporkan bahwa wilayah Darwin juga turut 'bergoyang'.
 
"Wow, guncangannya dirasakan cukup kuat di #Darwin. Semoga semua orang selamat," kata biro tersebut dalam akun Twitter, dilansir dari laman AFP, Senin, 24 Juni 2019.
 
Badan Survei Geologi Amerika serikat (USGS) melaporkan bahwa gempa terjadi pada kedalaman 208 kilometer selatan pulau Ambon di Laut Banda, pukul 11.53 waktu setempat. Meski demikian, tidak ada laporan korban atau kerusakan usai gempa terjadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Gempa Magnitudo 7,7 Guncang Laut Banda
 
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan getaran itu sangat kuat sehingga wilayah Bali, dan Australia juga terasa. Warga Darwin langsung mengevakuasi diri begitu merasakan gempa tersebut.
 
Indonesia kerap terjadi gempa karena berada dalam 'Ring of Fire' di Pasifik. Sementara itu, wilayah Australia terletak di selatan Indonesia.
 
Sebelumnya, provinsi Papua di Indonesia juga diguncang lindu berkekuatan 6,1 skala Richter. Menurut USGS, gempa berada di kedalaman 240 kilometer sebelah barat kota Abepura.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif