Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan pentingnya diaspora Indonesia. Foto: Arpan Rahman/Medcom.id.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan pentingnya diaspora Indonesia. Foto: Arpan Rahman/Medcom.id.

Tiga Dimensi Diaspora Indonesia di Mancanegara

Internasional diaspora indonesia menlu retno lp marsudi
Arpan Rahman • 10 Agustus 2019 19:08
Jakarta: Pemerintah telah memikirkan cara bagaimana berkolaborasi dengan diaspora Indonesia yang hidup tersebar di luar negeri. Ada tiga dimensi diaspora Indonesia yang bisa dimanfaatkan.
 
Dimensi pertama yang bisa dimanfaatkan, mereka dapat memainkan peranan sebagai agen pengembangan sumber daya manusia karena telah berhasil mengembangkan pendidikan keterampilan vokasi sebagai ahli di bidang tertentu.
 
Hal itu diuraikan Menteri Luar Retno Marsudi saat didaulat sebagai pembicara kunci dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-5 di The Kasablanka Jakarta, Sabtu 10 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Retno mengutip satu kalimat yang disebutkan Presiden Joko Widodo saat menyampaikan Visi Indonesia 2019-2024, yakni "diaspora". Itu, katanya, menunjukkan penghargaan Presiden kepada diaspora Indonesia.
 
Ditambahkan, selain motor pengembangan sumber daya manusia, diaspora bisa juga menjadi agen pembangunan ekonomi Indonesia dengan menunjukkan jalan misalnya, di mana celah ekspor atau investasi. Ini dimensi kedua dari diaspora Indonesia
 
"Di India dan Tiongkok diasporanya juga banyak yang membantu perekonomian negeri mereka," ujar Retno.
 
Dimensi ketiga yang diuraikan Menlu RI mengenai diaspora bahwa mereka dapat berperan sebagai agen penyebaran identitas bangsa. "Indonesia adalah bangsa yang majemuk, yang menghormati perbedaan, dan penuh toleransi. Diaspora dapat turut menyebarkan DNA Indonesia ke seluruh dunia," katanya.
 
Menlu RI menegaskan, diaspora merupakan harta karun bangsa Indonesia. "Kongres ini diharapkan dapat memberi masukan kepada pemerintahan untuk mewujudkan sumber daya manusia unggul dan Indonesia maju," pungkas Retno.
 
Perhelatan Kongres Diaspora Indonesia ke-5 mengusung tema pemberdayaan sumber daya manusia Indonesia dan diikuti 1.700 peserta yang berasal dari 77 negara.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif