Ribuan warga turun ke jalan tuntut PM Pakistan Imran Khan mundur. Foto: AFP
Ribuan warga turun ke jalan tuntut PM Pakistan Imran Khan mundur. Foto: AFP

Ribuan Orang Turun ke Jalan Tuntut PM Pakistan Mundur

Internasional pakistan
Marcheilla Ariesta • 01 November 2019 17:18
Islamabad: Ribuan aktivis dari partai-partai politik oposisi Pakistan memenuhi Ibu Kota Islamabad. Mereka mendesak Perdana Menteri Imran Khan untuk mundur.
 
Protes ini dipimpin oleh pemimpin Partai Islam Pakistan, Maulana Fazlur Rehman dan sebagian besar di antara pengunjuk rasa berasal dari partai sayap kanannya, Jamiat Ulama-e-Islam.
 
Dikutip dari Straits Times, Jumat, 1 November 2019, Rehman memulai pawai dengan para loyalisnya dari Karachi pada akhir pekan lalu. Mereka menempuh hampir 2.000 kilometer untuk mencapai Islamabad.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kelompok oposisi lainnya, termasuk mantan Presiden Asif Ali Zardari, dan mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif juga bergabung dalam protes. Kehadiran mereka menumpuk tekanan untuk Khan.
 
Rehman menuntut Khan mengundurkan diri atau menghadapi protes oleh ratusan ribu pendukungnya. "Kami akan ke Islamabad untuk mengusir pemerintah yang tidak sah," kata Rehman.
 
Partai-partai oposisi mengatakan pemilihan nasional tahun lalu yang membawa Khan berkuasa diadakan di bawah pengaruh militer. Militer telah memerintah Pakistan selama hampir setengah usia Pakistan, sejak negara itu memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 1947.
 
Para jenderal dituduh bermanuver di belakang layar untuk menggoyahkan pemerintah sipil ketika mereka tidak berkuasa secara langsung.
 
Pakistan memiliki sejarah politik kotak-kotak karena perselisihan yang sudah berlangsung lama antara para pemimpin militer dan sipil. Tidak ada perdana menteri yang menyelesaikan masa jabatan penuh dalam 70 tahun.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif