Badai Petir Picu Kematian 50 Warga India
Badai petir kerap melanda India (Foto: BBC).
New Delhi: Setidaknya 50 orang dilaporkan tewas akibat badai petir yang melanda wilayah utara India pada Selasa 29 Mei 2018.
 
Angin yang berembus kencang dan disertai petir, menyebabkan banyak desa dilanda bencana. Dinding dari rumah warga banyak yang roboh dan menyebabkan puluhan menderita luka.
 
"Wilayah negara bagian Bihar di timur paling parah terkena imbas kondisi ekstrem ini. 20 orang dipastikan meninggal karena sambaran petir," pernyataan pihak pemerintah India, yang dilaporkan BBC Hindi, Rabu 30 Mei 2018.
 
Insiden terakhir muncul setelah badai debu melanda India beberapa pekan lalu. Lebih dari 100 orang tewas dalam badai tersebut.
 
Sementara petir yang menyambar umum terjadi di India, terutama di musim hujan muson.
 
15 orang dilaporkan tewas di wilayah Uttar Pradesh dan 12 lainnya di Jharkhand akibat badai petir ini. Adapun tiga anak-anak tewas setelah sebuah pohon tumbang di Uttarakhand.
 
Badan meteorologi India memperingatkan bahwa suhu suhu akan mencapai 47 derajat celsius dalam beberapa minggu ke depan. Kondisi itu bisa memicu terjadinya angin kencang dan badai yang lebih besar.
 
Pihak berwenang setempat mengaku terkejut dengan kekuatan dari badai petir ini. Tetapi mereka berupaya sekuat tenaga memberikan perlindungan kepada warga.



(FJR)