Kemenlu Malaysia Tarik Semua Dubes Non-Karir
Lambang Kemenlu Malaysia. (Foto: The Star)
Kuala Lumpur: Kementerian Luar Negeri Malaysia menarik semua duta besar non-karir yang menjadi perwakilan Malaysia di negara sahabat.

Seorang sumber anonim dari Wisma Putra mengatakan, ada dua dubes non-karir yang enggan kembali ke Kuala Lumpur. Mereka masih menginginkan posisi saat ini untuk sementara.

"Masalahnya sudah disampaikan ke Wisma Putra," kata sumber tersebut, dikutip dari The Star, Sabtu 7 Juli 2018.


Kedua dubes ini menolak kembali dengan alasan bahwa surat penarikan tersebut tidak ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri melainkan oleh pejabat senior Wisma Putra.

Mereka juga beralasan bahwa mereka menjadi dubes karena ditunjuk oleh mantan Perdana Menteri Najib Razak berdasarkan rekomendasi Menteri Luar Negeri saat itu, Anifah Aman.

"Karena itu mereka menolak penarikan yang diminta oleh Wisma Putra," lanjut sumber tersebut.

Namun, jika mereka tetap bersikukuh tak mau kembali ke Kuala Lumpur, Wisma Putra akan mengambil tindakan, termasuk menangguhkan gaji dan tunjangan mereka. 

Namun tak jelas siapa dua dubes ini. Sementara itu, sebuah daftar dubes non-karir yang ditarik oleh Wisma Putra beredar yaitu Dubes Malaysia untuk Indonesia Zahrain Mohamed Hashim, Dubes Pertama Malaysia untuk Vatikan Tan Sri Bernard Dompok, Dubes Malaysia untuk Finlandia Blanche O'Leary, Kepala Persahabatan dan Perdagangan Malaysia di Taiwan Adeline Leong dan Komisaris Tinggi Malaysia untuk Brunei Ghulam Jelani Khanizaman.

Sumber anonim tersebut juga mengatakan bahwa Wisma Putra saat ini sudah menyiapkan 15 nama baru diplomat karir yang akan mengisi kekosongan dubes di negara-negara dalam daftar tersebut. 

"Para calon dubas ini adalah yang berpengalaman dan berkualitas serta pantas untuk menjadi kepala perwakilan Malaysia. Mereka semua siap ditempatkan," ujarnya. 

Ditambahkan lagi bahwa posisi di kedutaan besar hanya disediakan untuk diplomat karir dan mereka yang melayani Wisma Putra, serta tidak akan ada lagi diplomat non-karir atau dari partai politik yang ditunjuk untuk kedutaan besar apalagi menjadi dubes. 




(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id