Brasil Nilai Ekonomi Indonesia Berkembang Luar Biasa

Sonya Michaella 11 Mei 2018 14:49 WIB
indonesia-brasil
Brasil Nilai Ekonomi Indonesia Berkembang Luar Biasa
Menlu Brasil Aloysio Nunes Ferreira menganggap ekonomi Indonesia sangat berkembang (Foto: Sonya Michaella).
Bogor: Menteri Luar Negeri Brasil Aloysio Nunes Ferreira menilai Indonesia adalah salah satu negara berkembang di Asia dengan ekonomi yang berkembang.
 
"Indonesia, dengan populasi yang ratusan juta adalah salah satu negara berkembang dengan ekonomi yang luar biasa," kata Menlu Ferreira usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Hotel Novotel, Bogor, Jumat 11 Mei 2018.
 
"Brasil dan Indonesia adalah sama-sama negara multikultur. Kami bertukar pengalaman masing-masing dan bertekad untuk memperluas pasar demi kerja sama yang lebih baik," lanjut dia.
 
Menlu Ferreira mengungkapkan rasa kegembiraannya dapat mengunjungi Indonesia dan meningkatkan kerja sama, terutama di bidang perdagangan dan investasi.
 
Pasalnya, tren perdagangan Brasil dan Indonesia merosot drastis, terutama di tahun 2017. Tiga kesepakatan pun dibuat oleh kedua menlu, salah satunya membebaskan visa bagi wisatawan untuk meningkatkan wisatawan dua negara saling berkunjung.
 
Selain itu, Indonesia juga bersedia untuk menjalin kerja sama dengan Mercosur, sebuah organisasi di Amerika Latin yang beranggotakan Brasil, Argentina, Paraguay, Uruguay dan Venezuela.
 
"Saya sudah bicara dengan kawan-kawan saya anggota Mercosur atas kesediaan Indonesia untuk bekerja sama. Semoga ini dapat ditindaklanjuti segera," tukasnya.
 
Kunjungan Menlu Ferreira ini merupakan perintah dari Presiden Brasil utamanya untuk menyampaikan surat permintaan maaf kepada Presiden RI Joko Widodo karena batal untuk mengunjungi Indonesia.
 
Kendati demikian, tak bisa dipastikan kapan Presiden Brasil akan menyambangi Indonesia karena harus dilaksanakan pemilu terlebih dahulu di negara tersebut.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id