Tingkatkan Keamanan, Polisi Tiongkok Batasi Warga Asing Berkumpul

Sonya Michaella 13 Maret 2018 13:02 WIB
tiongkok
Tingkatkan Keamanan, Polisi Tiongkok Batasi Warga Asing Berkumpul
Salah satu pusat berkumpulnya warga asing di Beijing. (Foto: SCMP)
Beijing: Untuk meningkatkan keamanan di Tiongkok, pemerintah meminta polisi untuk menjaga tempat-tempat populer di Beijing, terutama yang kerap digunakan berkumpul warga asing.

Lokasi yang paling diawasi saat ini adalah Wudaokou di utara Beijing. Tempat yang diperketat keamanan, utamanya adalah bar dan restoran. 

Keamanan diperketat menjelang pertemuan politik tahunan terbesar Tiongkok, yaitu sesi akhir tahunan Kongres Rakyat Nasional.


"Sampai 22 Maret, seperti yang diminta pemerintah setempat, kami hanya mengizinkan maksimal 10 orang asing di satu restoran," tulis pengumuman di Beijing.

Seorang karyawan dari sebuah kedai pizza mengaku mendapat perintah dari polisi Beijing untuk menempel pengumuman serupa, pun restoran lainnya.

"Jika kami tak mematuhi peraturan tersebut, kedai akan ditutup paksa," ujar dia, dikutip dari South China Morning Post, Selasa 13 Maret 2018.

Dikonfirmasi ke pihak kepolisian, seorang perwira polisi Dongsheng mengatakan, tak ada alasan untuk membatasi warga asing berkumpul atau makan di restoran.

"Kami belum pernah mengeluarkan pemberitahuan seperti itu. Kami hanya memberi tahu bar dan restoran untuk mengendalikan jumlah pelanggan selama jam sibuk," ungkapnya.

Kendati demikian, ia mengakui bahwa keamanan telah ditingkatkan dan lebih ketat menjelang kongres tersebut. 



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id