Konferensi pers Kongres Diaspora ke-4 di Jakarta (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).
Konferensi pers Kongres Diaspora ke-4 di Jakarta (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

Kongres Diaspora Digelar Dua Kali, Ketua: Tak Ada Perbedaan

Internasional diaspora indonesia
Sonya Michaella • 15 Agustus 2017 12:37
medcom.id, Jakarta: Sejumlah persepsi bermunculan ketika ada dua Kongres Diaspora Indonesia yang keempat kalinya digelar di Jakarta. Yang pertama digelar pada Juli lalu atas besutan Dino Patti Djalal.
Kongres ini digelar megah dan besar-besaran di Hall Kota Kasablanka, Jakarta, dengan mendatangkan Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) Barack Obama sebagai pembawa pidato pembukaan.
 
(Baca: Riuh Rendah Kongres Diaspora Indonesia).
Kongres kedua, baru akan digelar pekan depan dengan didukung sejumlah kementerian, swasta dan dari Diaspora itu sendiri. Pembangunan Indonesia, khususnya daerah-daerah terpencil dan tertinggal seperti Papua, akan menjadi fokus dan tujuan digelarnya Kongres ini.
Tak hanya wacana, Kongres ini pun memaparkan sejumlah bukti nyata dukungan Diaspora Indonesia terhadap pembangunan dan kemajuan, seperti misalnya mendukung peluncuran Kartu Diaspora oleh Kementerian Luar Negeri RI.
Sejumlah menteri juga dipastikan hadir dan menjadi pembicara panel seperti Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Pandjaitan, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Kepala BKPM Thomas Lembong. Tak ketinggalan sejumlah pembicara dari swasta dan Diaspora Indonesia.
"(Kongres) Yang ada Obama kemarin lebih ke image building dan untuk memberikan semangat ke generasi muda. Menampilkan orang-orang Indonesia yang berhasil di luar negeri. Kalau kita lebih ke program nyata yang bukan wacana," kata Ketua Penyelenggara Kongres Diaspora, Herry Utomo ketika ditemui di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa 15 Agustus 2017.
Namun, Herry menegaskan, perbedaan ini bukanlah perlombaan melainkan saling melengkapi untuk bangsa dan negara.
"Yang Juli kemarin itu apel, kita jeruk. Dengan begitu, masyarakat kan bisa dapat dua-duanya," lanjut dia.
Ketika ditanya apakah Dino Patti Djalal akan menghadiri Kongres ini, Herry hanya menjawab singkat. "Idealnya datang. Kita sudah undang," pungkasnya.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif