Pelepasan 61 orang penerima beasiswa Monbukagakusho di Kedubes Jepang, Jakarta, Senin 25 Maret 2019. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)
Pelepasan 61 orang penerima beasiswa Monbukagakusho di Kedubes Jepang, Jakarta, Senin 25 Maret 2019. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)

Pemerintah Jepang Beri Beasiswa untuk 61 WNI

Internasional indonesia-jepang
Sonya Michaella • 25 Maret 2019 12:39
Jakarta: Erika tak menyangka dirinya akan tinggal di Jepang untuk menimba ilmu. Ia merupakan satu dari puluhan penerima beasiswa pemerintah Jepang atau Monbukagakusho.
 
“Saya pernah mencoba tahun lalu. Tapi gagal. Senang tahun ini bisa lolos dapat beasiswa ke Jepang,” kata Erika kepada Medcom.id, di Kedutaan Besar Jepang, Jakarta, Senin 25 Maret 2019.
 
Demi pergi ke Jepang, Erika rela melepas statusnya sebagai mahasiswi semester 3 jurusan Bahasa Korea di Universitas Indonesia. Terhitung per 1 April 2019, ia akan berangkat ke Jepang dan belajar Bahasa Jepang selama satu tahun di sana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Setelah satu tahun belajar bahasa, nanti penerima beasiswa akan mendaftar ke universitas yang diinginkan. Saya ingin daftar ke Tokyo University of Foreign Studies di Fuchu,” lanjut dia.
 
Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ono Keiichi mengatakan, pemberian beasiswa ini adalah salah satu komitmen kerja sama antara Jepang dan Indonesia di bidang pendidikan.
 
“Pendidikan merupakan salah satu bidang utama dalam kerja sama bilateral Indonesia dan Jepang. Sembari belajar, penerima beasiswa dapat mempelajari budaya Jepang,” kata Keiichi.
 
Selain itu, warga Jepang juga dapat mempelajari budaya Indonesia lewat para Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan sekolah di Negeri Sakura tersebut. Total penerima beasiswa tahun ini ada 61 orang.
 
Total penerima beasiswa terdiri dari 30 orang di program penelitian atau S2/S3, 10 di program S1, 10 program D3 dan 11 program D2. Mereka semua akan terlebih dahulu belajar Bahasa Jepang di ibu kota Tokyo selama satu tahun.
 
Baca:'Monbukagakusho', Beasiswa Pemerintah Jepang untuk Guru Indonesia

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif