Penegakan Hukum jadi Kunci Indonesia sebagai Poros Maritim
Germany-Indonesia Strategic Dialogue di CSIS, Jakarta, Senin 5 November 2018. (Foto: Fajar Nugraha)
Jakarta: Penegakan hukum dalam kelautan dianggap dapat memperkuat kedudukan Indonesia dalam poros maritim dunia. Namun untuk mencapainya tidak semudah yang diinginkan.

Konsep poros maritim dunia memerlukan ketahanan nasional agar Indonesia jauh lebih kuat dalam lingkup kelautan. Dibutuhkan beberapa aspek penting dalam mengupayakan ketahanan poros maritim.

Baca: Hadiri KTT ASEM, JK Soroti Keamanan Maritim Internasional


"Aspek penting dalam poros maritim diperlukan adanya peraturan, kebijakan, dukungan dana dan infrastruktur yang harus ditingkatkan. Hal ini perlu dilakukan guna mengantisipasi tantangan dan ancaman dalam dinamika isu maritim yang kompleks," ujar Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Agus Widjojo, dalam seminar Germany-Indonesia Strategic Dialogue di CSIS, Jakarta, Selasa 6 November 2018.

"Jika ingin menjadi negara maritim yang kuat, Indonesia harus mampu mengatur dan memanfaatkan kekayaan dan ruang maritim yang tersedia. Ini termasuk berbagai bentuk laut dan keunggulan yang dimiliki Indonesia dalam mengatasi praktik ilegal dan seluruh tindakan yang melanggar hukum di dalam wilayah teritorial Indonesia," imbuh Agus.

Tidak hanya isu laut domestik, Indonesia, menurut pensiunan jenderal bintang tiga itu, juga harus memberikan perhatian kepada isu maritim kawasan, khususnya Asia Tenggara.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia Melda Kamil Ariatno menilai isu maritim di kawasan Asia Tenggara pada umumnya adalah soal perbatasan. Selain itu, jalur komunikasi maritim juga dianggap sebagai salah satu tantangan.

“Masih ada hal lain yang menjadi isu bagi Indonesia, salah satunya adalah perairan yang menjadi rute navigasi internasional. Keamanan maritim juga patut menjadi sorotan,” turut Melda.

Sementara Laksamana Muda Dr. Kresno Buntoro menilai bahwa penegakan hukum laut menemui banyak tantangan. Untuk itu, diperlukan pendekatan baru untuk mempertahankan keamanan maritim.

Hal lain yang diperlukan adalah mekanisme dan strategi baru yang melibatkan seluruh stakeholder di setiap negara yang beririsan dalam isu maritim.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id