Jepang Terus Bantu Pembangunan Sulawesi Tengah

Marcheilla Ariesta 23 November 2018 10:23 WIB
indonesia-jepang
Jepang Terus Bantu Pembangunan Sulawesi Tengah
Dubes Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii. (Foto: Sonya Michaella/Medcom)
Jakarta: Perayaan ulang tahun Kaisar Jepang di Jakarta dibuka dengan komitmen Negeri Sakura membantu pembangunan Indonesia. Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii mengatakan negaranya akan kembali membuat program untuk rekonstruksi di Sulawesi Tengah.

"Izinkan saya pada kesempatan yang baik ini untuk mengungkapkan rasa simpati kami kepada rakyat Indonesia atas apa yang terjadi di Sulawesi Tengah. Jepang akan segera kembali dengan draft cetak biru (program) 'Membangun Kembali dengan Lebih Baik' dan saya berharap proses rekonstruksi akan selesai secepat mungkin," katanya di Jakarta, Kamis 22 November 2018.

Ishii menuturkan bencana alam selalu mengingatkan lemahnya manusia. Namun, di sisi lain dapat memperkuat solidaritas dan persahabatan. 


Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang hadir dalam kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Jepang untuk Indonesia. "Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menyampaikan penghargaan saya kepada Pemerintah dan masyarakat Jepang atas persahabatan dan kerja sama yang telah kami nikmati selama beberapa dekade," tuturnya.

Baca: Jepang Bantu Susun Marterplan Rekontruksi Palu

"Atas nama Pemerintah dan rakyat Indonesia, saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas tanggapan dan bantuan langsung Anda untuk para korban tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah," imbuh Jusuf Kalla.

Dia juga menyampaikan semoga Kaisar dan keluarga kerajaan, serta masyarakat Jepang diberikan kesehatan. Jusuf Kalla berharap hubungan Indonesia dan Jepang ke depannya semakin baik dan kuat.

Sementara itu, Dubes Ishii menyampaikan tahun depan MRT Jakarta akan mulai beroperasi. Dia berharap masyarakat Indonesia dapat menikmati menggunakan transportasi yang menjadi simbol penguatan hubungan dua negara.

Hadir dalam perayaan ulang tahun Kaisar Jepang kemarin, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan para duta besar negara sahabat di Indonesia.




(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id