Kemenlu Bentuk Lembaga Tunggal untuk Sinergikan Bantuan Internasional

Sonya Michaella 17 Januari 2018 18:39 WIB
kemenlu
Kemenlu Bentuk Lembaga Tunggal untuk Sinergikan Bantuan Internasional
Bantuan internasional menjadi perhatian Menlu Retno Marsudi beserta jajarannya (Foto: Antara).
Jakarta: Guna memperkuat kembali Kerja Sama Selatan-Selatan dan juga bantuan Indonesia untuk negara-negara berkembang, Kementerian Luar Negeri RI sedang mencanangkan pembentukan single agency atau lembaga tunggal untuk memusatkan semua bantuan internasional.
 
Awalnya, bantuan-bantuan untuk negara lain masih terpecah, misalnya dari kementerian lain, lembaga, dan badan. Namun, sekarang akan dibentuk payung hukum agar penyaluran bantuan dari Indonesia ini lebih efisien. 
 
"Jadi, single agency (lembaga tunggal) ini agar bantuan yang akan disalurkan agar lebih tertata. Kami juga punya kerja sama teknis untuk ini untuk bersinergi dengan kementerian-kementerian lain dan satu tujuan dengan politik luar negeri Indonesia," kata Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI, Cecep Herawan kepada awak media di Kemenlu RI, Jakarta, 17 Januari 2018.
 
Sedangkan, nama untuk lembaga tunggal ini masih digodok dan belum ditentukan. Untuk resminya, pelaksanaan lembaga tunggal ini juga masih dalam tahap finalisasi. Kendati demikian, kebijakannya sudah berjalan saat ini.
 
Menurut Cecep, pembentukan lembaga tunggal ini bertujuan untuk lebih memantapkan kinerja Indonesia di dunia internasional, utamanya untuk memberikan bantuan kepada negara yang membutuhkan.
 
"Untuk menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia punya peran lebih. Dari dulu kita sudah memberikan bantuan, sekarang tinggal memantapkan saja," ungkap mantan Wakil Duta Besar RI untuk Korea Selatan ini.
 
Cecep melanjutkan, dana bantuan internasional untuk tahun ini pun sudah ditetapkan, yaitu sebesar Rp1 triliun.
 
"UU APBN 2018 sudah menetapkan dana bantuan internasional jumlahnya Rp1 triliun. Nah, dana ini bisa dibilang dana abadi. Jadi juga bisa dipakai untuk kegiatan misalnya capacity building (pembangunan kapasitas) dan berbagai pelatihan," ujar dia.
 
Bantuan internasional dari Indonesia pun tak hanya berupa makanan dan obat-obatan, melainkan nantinya akan ada pelatihan dan capacity building, misalnya budidaya rumput laut.




(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id