Sentralitas ASEAN Butuh Konektivitas Masyarakat
Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN di Singapura, 2 Agustus 2018 (Foto: AFP).
Jakarta: Konektivitas antar warga ASEAN diperlukan untuk memperkuat sentralitas ASEAN itu sendiri. Salah satu caranya adalah bepergian dan berwisata ke negara-negara anggota ASEAN.
  
Baca juga: Tenaga Kerja dan Pengungsi Masih jadi Tantangan ASEAN.

"Kita harus mengakui bahwa masih banyak orang yang tidak paham soal ASEAN, bahkan tidak tahu. Salah satu cara termudah adalah bepergian ke negara ASEAN lainnya," kata Manajer Program dari ASEAN Foundation, Mahmudi Yusbi, di Habibie Center, Jakarta, Kamis 8 Agustus 2018.
 
"10 negara ASEAN ini kan berbeda-beda. Punya kultur dan budaya yang berbeda. Ini sangat menarik untuk dipelajari," lanjut dia.
 
Terlebih, bepergan antar negara anggota ASEAN tak memerlukan visa dan tiket pesawat yang relatif terjangkau.
 
Bepergian ke negara-negara anggota ASEAN bukanlah satu-satunya solusi untuk lebih mengenal sesama masyarakatnya. ASEAN Foundation bahkan menyediakan sejumlah informasi untuk lebih mengenal ASEAN.

Baca juga: Konsep Indo-Pasifik Libatkan Sentralitas ASEAN.


 "Bagaimana agar kita sebagai masyarakat ASEAN tak kehilangan identitas dari ASEAN itu sendiri. ASEAN itu besar. Lebih besar dari pada luas Asia Tenggara," ucapnya.
 
ASEAN Foundation adalah sebuah organisasi di dalam tubuh ASEAN untuk para masyarakat lebih mengenal lebih soal ASEAN dan masing-masing negara anggotanya, seperti pendidikan, serta budaya dan seni.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id