Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Korsel Moon Jae-in dalam pertemuan di Desa Panmunjom, Korsel, tahun lalu. (Foto: AFP).
Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Korsel Moon Jae-in dalam pertemuan di Desa Panmunjom, Korsel, tahun lalu. (Foto: AFP).

Korut Tolak Berdialog dengan Korsel

Internasional korsel-korut
Marcheilla Ariesta • 16 Agustus 2019 09:21
Seoul: Korea Utara (Korut) mengatakan mereka tak akan pernah lagi duduk dengan Korea Selatan (Korsel) untuk berdialog. Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bahkan menolak ajakan Presiden Korsel Moon Jae-in untuk melanjutkan dialog setelah sebelumnya berjanji membawa unifikasi pada 2045.
 
Korea Utara melancarkan protes atas latihan militer gabungan yang dilakukan Korsel dan Amerika Serikat. Protes dilakukan dengan meluncurkan rudal jarak pendek dalam beberapa pekan terakhir.
 
Hilangnya momentum dialog antara Korea Utara dan Selatan ini merupakan kebuntuan dalam mengimplementasi pertemuan bersejarah kedua pemimpin tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Korut Melepaskan Tembakan Dua Rudal Tak Dikenal
 
"Seperti yang sudah jelas. Kami tidak memiliki apa-apa lagi untuk dibicarakan dengan otoritas Korea Selatan. Kami tidak memiliki keinginan untuk duduk bersama mereka lagi," kata Juru Bicara Korea Utara untuk Komite Reunifikasi Damai Negara, dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Komite ini adalah media Pemerintah Korut yang bertugas mengelola hubungan dengan Korea Selatan. Dengan pernyataan jubir tersebut, seolah-olah Korsel yang paling bersalah atas mandeknya dialog ini.
 
Tak hanya menolak dialog, Korut malah menembakkan dua proyektil ke laut. Ini adalah yang terbaru dari serangkaian peluncuran semacam itu oleh Pyongyang.
 
Militer Korea Selatan mengatakan proyektil itu ditembakkan dari dekat kota Tongchon, Provinsi Kangwon ke Laut Timur, yang juga dikenal sebagai Laut Jepang.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif