Buka bersama ala Indonesia diminati warga Korea Selatan di Seoul. (Foto: Dok. KBRI Seoul).
Buka bersama ala Indonesia diminati warga Korea Selatan di Seoul. (Foto: Dok. KBRI Seoul).

Warga Korsel Antusias Ikut Bukber ala Indonesia

Internasional indonesia-korsel
Marcheilla Ariesta • 14 Mei 2019 12:20
Seoul: Buka puasa bersama menjadi berbeda saat dilakukan di negeri orang. Inilah yang dirasakan masyarakat Indonesia di Korea Selatan (Korsel) yang sebagian besar merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI).
 
"Senang rasanya kalau bisa berbuka puasa bersama di perantauan seperti ini. Rasanya menjadi semakin guyub, apalagi jika bisa bertemu teman-teman Indonesia," kata Dimas, salah satu PMI yang sudah beberapa tahun bekerja di Korsel, dikutip dari pernyataan KBRI Seoul, Selasa, 14 Mei 2019.
 
Tak hanya masyarakat Indonesia saja yang antusias, masyarakat Korea Selatan dan beberapa warga asing lainnya juga merasa acara buka puasa bersama ini sangat menarik. Tampak warga Korsel, Pakistan, Turki, dan Nigeria ikut menikmati suguhan berbuka puasa yang disiapkan KBRI Seoul.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setiap tahun saya memang selalu menyempatkan hadir di acara yang diselenggarakan oleh KBRI Seoul," tutur seorang warga Pakistan.
 
Warga Korsel Antusias Ikut Bukber ala Indonesia
Buka bersama di KBRI Seoul diminati warga Korsel. (Foto: Dok. KBRI Seoul).
 
Menurut dia, kedutaannya tidak pernah mengadakan buka puasa bersama. Dia menambahkan jika menyukai tradisi Ramadan dan kuliner khas Indonesia.
 
Pria Pakistan itu mengucapkan terima kasih karena KBRI Seoul telah mengadakan acara berbuka puasa ini untuk umum, tak hanya untuk masyarakat Indonesia.
 
Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi, menggarisbawahi pentingnya acara ini untuk mempererat tali silaturahmi.
 
"Dapat dijadikan sarana untuk mempererat silaturahmi di berbagai komponen masyarakat Indonesia yang berada di Korea Selatan, di samping sebagai upaya meningkatkan amal ibadah selama bulan suci Ramadan," katanya.
 
Saat menjelang berbuka puasa, diisi dengan kultum yang disampaikan oleh Ustadz yang sengaja diundang langsung dari Indonesia oleh organisasi Islam Indonesia di Korsel. Acara dilanjutkan dengan Shalat Magrib berjamaah dan makan malam bersama.
 
Selama Bulan Ramadhan khususnya pada Sabtu, KBRI Seoul melaksanakan buka puasa bersama untuk sedikit mengobati rindu para WNI akan nuansa Ramadhan di Tanah Air. Selain sajian kuliner Indonesia, ragam takjil seperti kolak, es cendol, kurma, dan lain sebagainya juga sengaja dihidangkan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif