Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Ibu-Anak Pembelot Korut Ditemukan Tewas di Seoul

Internasional korsel-korut
Sonya Michaella • 13 Agustus 2019 17:09
Seoul: Dua jasad asal Korea Utara (Korut) yang merupakan ibu dan anak ditemukan di apartemen mereka di Seoul, Korea Selatan (Korsel). Setelah diidentifikasi, mereka merupakan pembelot.
 
“Kami tidak melihat adanya tanda-tanda bunuh diri, tetapi kemungkinan meninggal karena kelaparan,” kata polisi Seoul, dikutip dari AFP, Selasa 13 Agustus 2019.
 
Parahnya, jasad ibu dan anak berusia enak tahun ini baru ditemukan setelah dua bulan kematian mereka. Dua jasad ini juga diketahui bermarga Han.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut surat kabar Dong-A Ilbo milik Korsel, Han diyakini sempat menarik sekitar 3.858 Won atau setara dengan Rp 45 ribu, dua bulan lalu. Diketahui, uang tersebut adalah uang terakhir yang dimiliki.
 
Han juga belum membayar sewa apartemen, gas serta listrik. Selain itu, ketika polisi menemukan jasadnya, tidak ada makanan yang tersedia di apartemen maupun lemari pendinginnya.
 
Menurut data yang didapat, dia pernah membelot ke Korsel melalui Tiongkok dan Thailand pada 2009, kemudian menikah dengan pria Korea-Tiongkok dan pindah ke Tiongkok. Setelah bercerai, dia kembali ke Seoul tahun lalu bersama putranya, tetapi dia kesulitan mendapat pekerjaan.
 
Korsel, negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia, merupakan tujuan utama para warga Korut yang ingin membelot karena masalah ekonomi. Hingga sekarang, Korut memang masih kekurangan di bidang ekonomi, bahkan menyebabkan warganya kekurangan gizi.
 
Namun, Korut tidak pernah memberikan pengampunan kepada pembelot. Mayoritas mereka akan dihukum seumur hidup jika kembali ke Pyongyang.
 
Data pemerintah Korsel menunjukkan bahwa pembelot Korut tiga kali lebih mungkin untuk melakukan bunuh diri dari pada orang Korsel karena trauma, isolasi dan kesulitan keuangan.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif