Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. (Foto: AFP).
Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. (Foto: AFP).

Macron Nekat Bahas Isu Hong Kong di Tiongkok

Internasional prancis
Marcheilla Ariesta • 04 November 2019 12:02
Beijing: Presiden Prancis Emmanuel Macron melakukan lawatan kenegaraan ke Tiongkok. Kantor kepresidenan Prancis di Paris mengatakan Macron tidak akan mengindahkan peringatan tuan rumah untuk tidak membahas masalah-masalah 'tabu', seperti protes pro-demokrasi Hong Kong.
 
Mendarat sore nanti di Shanghai, Macron akan memulai kunjungan resmi kali kedua di Tiongkok. Dia akan meghadiri pameran impor internasional yang dibayang-bayangi isu perang dagang Amerika Serikat-Tiongkok.
 
Acara akan dilanjutkan dengan makan malam bersama Presiden Tiongkok, Xi Jinping, sebelum nantinya Macron bertolak menuju Beijing. Paris menyebut Macron akan menyinggung beberapa topik sensitif, termasuk demo Hong Kong dan penahanan massal Muslim Uighur di Xinjiang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Human Rights Watch (HRW) meminta Macron untuk terbuka dan menekan Xi agar menutup kamp 'pendidikan politik' di Xinjiang. Mereka juga meminta Macron agar dapat meminta Beijing menghormati hak warga Hong Kong untuk berpartisipasi dalam politik.
 
Zhu Jing, pejabat urusan Eropa di Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan Beijing telah menyiapkan sambutan ramah dan hangat untuk pemimpin Prancis itu. Namun Zhu juga memperingatkan agar kedua negara dapat saling mengkritik.
 
"Hong Kong dan Xinjiang adalah masalah urusan dalam negeri Tiongkok. Tidak relevan menempatkan kedua isu itu dalam agenda diplomatik," tutur Zhu.
 
Ia juga memperingatkan agar Prancis tidak 'mengganggu' kawasan Indo-Pasifik atau mengirim kapal perang ke perairan teritorial yang diklaim Beijing di Laut China Selatan.
 
Selama lebih dari lima bulan Hong Kong diguncang kerusuhan politik. Bahkan, dalam demo akhir pekan kemarin, ada pria yang menggunakan pisau dan melukai beberapa orang, termasuk seorang politikus.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif