Korsel-Korut Minta Izin Jokowi Kirim Tim ke Asian Games
Dubes Korsel untuk Indonesia Kim Chang-beom di Kedubes Korsel, Jakarta, 30 April 2018. (Foto: Marcheilla Ariesta)
Jakarta: Presiden Joko Widodo bertemu dengan Duta Besar Korea Selatan (Korsel) Kim Chang-beom dan Duta Besar Korea Utara (Korut) An Kwang Il di Istana Merdeka, siang tadi.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengajak perwakilan dari Korut dan Korsel berpartisipasi dalam gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang Agustus mendatang.

Dubes Kim mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi undangan Presiden Jokowi tersebut.


Dalam jumpa pers di kantor Kedutaan Besar Korsel di Jakarta, Kim mengatakan dia meminta bantuan dari Presiden Jokowi agar diperbolehkan mengirim tim gabungan Korsel dan Korut untuk salah satu cabang olahraga. Namun, dia tidak menyebutkan cabang olahraga yang dimaksud.

"Saya meminta bantuan dari Presiden Jokowi, jika kami mengirim tim gabungan, kami berharap dipermudah segala urusannya," kata dia di Jakarta, Senin 30 April 2018.

Dia mengatakan hal tersebut yang dilakukan kedua Korea saat Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang Februari lalu. Dalam olimpiade tersebut, tim kedua Korea bergabung dalam cabang olah raga hoki es.

"Namun, tim gabungan akan kita kirimkan, tentunya berdasarkan persetujuan Dewan Olimpiade Indonesia dan INASGOC," imbuh dia.

Sejak Olimpiade Pyeongchang, kedua Korea semakin mesra. Bahkan pada Jumat kemarin, Presiden Korsel Moon Jae-in dan pemimpin Korut Kim Jong-un bertemu untuk pertama kalinya membahas perdamaian kedua negara.



(WIL)