Pelaksanaan Bali Democracy Forum ketujuh pada 2014 lalu (Foto: Dok. Kemu)
Pelaksanaan Bali Democracy Forum ketujuh pada 2014 lalu (Foto: Dok. Kemu)

Enam Menlu Hadiri Pertemuan Bali Democracy Forum

Internasional bali democracy forum
Fajar Nugraha • 03 Desember 2015 16:33
medcom.id, Jakarta: Pertemuan Bali Democracy Forum akan kembali berlangung tahun ini. Hingga saat ini sudah enam menteri luar negeri memastikan kehadirannya.
 
Rangkaian pertemuan Bali Democracy Forum (BDF) VIII akan berlangsung pada 10-11 Desember 2015. 61 negara sudah mengkonfirmasi kehadirannya dalam pertemuan tahunan ini.
 
"Peserta yang sudah diundang per pagi hari ini adalah 127. 61 dari peserta sudah mengkonfirmasi kehadirannya, termasuk 53 negara dan sisanya organisasi internasional," ujar Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI, Al Busyra Basnur, di Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di tingkat menteri, ada enam Menlu yang mengonfirmasi hadir. Tingkat wamen ada 10. tingkat lain dirjen dubes dari negara peserta dan juga dubes yang ada di Jakarta," lanjutnya.
 
Busra memastikan bahwa Korea Utara (Korut) tidak masuk dalam negara yang diundang dalam pertemuan itu.
 
Sementara mengenai kepastian siapa yang akan membuka pertemuan, Busra menyebutkan belum ada kepastian apakah presiden atau wakil presiden yang akan membuka.
 
Adapun Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir memberikan alasan bahwa BDF memang tingkatnya pada level menteri.
 
"Memang BDF, merupakan tingkatnya menteri, bukan pada tingkat kepala negara. Saat ini juga kita akan lebih meningkatkan kerja sama kongkretnya. Bukan hanya nanti dalam konteks berbagi pengalaman, tapi juga kita sama kerja sama dalam konteks teknis," sebut Arrmanatha.
 
Adapun tema dari pelaksanaan BDF ke-8 ini adalah "Democracy and effective public governance". Menurut Busra diharapkan BDF bisa memberikan suatu sumbangan nyata, yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat peserta dan peninjau.
 
Di sela-sela pertemuan BDF diselenggarakan panel diskusi. Dalam panel tersebut akan tampil sejumlah tokoh yang akan berbicara.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif