Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)

Gempa 5,3 SR Guncang Wilayah Dekat Sulaimaniya Irak

Internasional gempa bumi
Willy Haryono • 11 Mei 2019 19:04
Sulaimaniya: Sebuah gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) mengguncang area dekat Sulaimaniya, kota mayoritas etnis Kurdi di Irak, Sabtu 11 Mei 2019.
 
Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS melaporkan, gempa berlokasi sekitar 71 kilometer dari Sulaimaniya, dengan kedalaman mencapai 10 km.
 
Seperti dilansir dari laman Al Arabiya, Badan Pemantau Aktivitas Seismik Sulaimaniya menyebut guncangan terjadi di dekat kota Darbandikhan. Kuatnya guncangan juga dirasakan di beberapa kota sekitar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Laporan media di Iran melaporkan bahwa gempa tersebut berkekuatan 5,1 SR yang terasa hingga ke kota Ezgeleh. Hingga sejauh ini, belum ada laporan kerusakan bangunan, baik di Irak maupun Iran.
 
"Gempa bumi ini terjadi di Irak dan dirasakan di Ezgeleh. Untungnya, sejauh ini tidak ada laporan kerusakan," kata Kepala Badan Manajemen Darurat Iran Jalil Balayi kepada media Mehr News Agency.
 
November 2017, gempa bumi 7,2 SR mengguncang wilayah semi-otonom Kurdi di wilayah Irak bagian utara yang berbatasan langsung dengan Iran. Getaran gempa terasa hingga wilayah negara Qatar.
 
Menurut USGS, gempa terjadi sekitar pukul 21.18 Minggu waktu setempat. Pusat gempa berada di kedalaman 33,9 km atau 350 km dari pusat Ibu Kota Baghdad.
 
Guncangan dahsyat kala itu menewaskan 630 orang dan melukai 8.100 lainnya. Gempa juga membuat sekitar 70 ribu orang di Irak dan Iran kehilangan tempat tinggal mereka.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif