Warga Pakistan memprotes keputusan bebas Asia Bibi. (Foto: AFP).
Warga Pakistan memprotes keputusan bebas Asia Bibi. (Foto: AFP).

Asia Bibi Tiba di Kanada Setelah Tinggalkan Pakistan

Internasional pakistan
Arpan Rahman • 08 Mei 2019 20:11
Ottawa: Asia Bibi terbang ke Kanada di mana dia telah bersatu kembali dengan keluarganya, kata pengacaranya. Perempuan Kristen itu menghabiskan delapan tahun dengan ancaman hukuman mati di Pakistan atas penistaan agama sebelum dia dibebaskan tahun lalu.
 
"Ini hari yang besar," kata Saiful Malook kepada Guardian. "Asia Bibi telah meninggalkan Pakistan dan sampai ke Kanada. Dia telah bersatu kembali dengan keluarganya. Keadilan telah ditegakkan," cetusnya, disitir dari laman Guardian, Rabu 8 Mei 2019.
 
Kedatangan Bibi di Kanada menandai berakhirnya cobaan sembilan tahun bagi buruh tani tersebut. Kasusnya -- berdasarkan tuduhan yang meragukan bahwa ia telah menghina nabi Islam -- menjadi terkait dengan pembunuhan seorang gubernur provinsi dan menteri kabinet serta beberapa alasan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia berada dalam tahanan perlindungan sejak dibebaskan dari penjara tahun lalu sesudah pengadilan tinggi Pakistan membebaskannya dari penistaan agama. Menjelang vonis pada 31 Oktober, demonstran memblokir jalan raya dan melempari polisi dengan batu di berbagai kota, termasuk ibu kota Islamabad dan Karachi.
 
Sejumlah kelompok Islamis termasuk Tehreek-e-Labbaik (TLP), gerakan yang didedikasikan buat menegakkan undang-undang penistaan agama yang keras di Pakistan, memprotes selama tiga hari setelah putusan. Mereka melumpuhkan beberapa bagian negara itu hingga pemerintah mencapai kesepakatan yang mencakup janji bahwa kasus tersebut akan diajukan banding. Pengadilan tertinggi mendukung pembebasan pada Januari.
 
Kanada telah menawarkan suaka kepada Bibi di negara itu, tetapi teman-teman dekatnya mengatakan kepada Guardian bahwa wanita itu dilarang pergi oleh pihak berwenang.
 
Malook mengatakan kedatangan Bibi yang aman di Kanada adalah hasil kerja keras para aktivis, diplomat asing, dan lainnya "yang mendukung Bibi di masa-masa sulit dan bekerja demi kebebasannya".
 
Bibi, seorang Katolik Roma dari desa Ittanwala dekat Lahore, dituduh oleh penduduk desa Muslim telah menghina nabi Muhammad atas soal secangkir air pada Juni 2009. Putusan mahkamah agung mengatakan tidak ada bukti yang mendukung tuduhan tersebut.
 
Lima hari setelah pertikaian, sebuah masjid setempat menyiarkan tuduhan bahwa dia telah melakukan penistaan dan Bibi diseret dari rumahnya oleh gerombolan dan dipukuli di hadapan petugas polisi sebelum ditahan.
 
Bibi dijatuhi hukuman mati pada 2010 dalam kasus penistaan agama paling terkenal di Pakistan. Dia selalu membela diri tidak bersalah.
 
Salah satu pendukung Bibi yang paling terkenal, gubernur Punjab Salman Taseer, dibunuh salah seorang penjaga keamanannya sendiri pada Januari 2011 setelah secara terbuka meminta presiden Pakistan untuk mengampuni Bibi.
 
Menteri federal utama Pakistan untuk urusan minoritas, Shahbaz Bhatti, yang juga mendukung Bibi dan menyerukan reformasi undang-undang penistaan agama, juga dibunuh oleh kelompok bersenjata yang mirip Taliban pada Maret 2011.
 
Satu-satunya orang Kristen di kabinet pada saat itu, Bhatti telah meramalkan kematiannya sendiri dan merekam salam perpisahan yang dirilis ke saluran televisi setelah ia terbunuh, di mana ia bersumpah untuk memperjuangkan hak-hak Kristen dan minoritas lainnya berapapun harganya.
 
"Saya akan mati untuk membela hak-hak mereka," katanya dalam rekaman yang dirilis ke BBC dan al-Jazeera. "Ancaman dan peringatan ini tidak dapat mengubah pendapat dan prinsip saya," tegasnya.
 
Penistaan adalah masalah yang sangat menjengkelkan di Pakistan, di mana bahkan tuduhan yang tidak terbukti tentang menghina Islam dapat memicu penggantungan. Aktivis hak asasi manusia mengatakan tuduhan penistaan agama sering digunakan untuk menyelesaikan urusan pribadi.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif