Acara bertajuk Peran Media dalam Pemberantasan Korupsi di @america, Jakarta, Selasa 11 Desember 2018. (Foto: Marcheilla Ariesta)
Acara bertajuk Peran Media dalam Pemberantasan Korupsi di @america, Jakarta, Selasa 11 Desember 2018. (Foto: Marcheilla Ariesta)

Media Bagian Utama dari Pemberantasan Korupsi

Internasional kpk
Marcheilla Ariesta • 11 Desember 2018 17:00
Jakarta: Media tidak sekadar menyampaikan informasi, namun juga menjadi bagian dari pemberantasan korupsi. Hal tersebut disampaikan Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah.

"Disebut mendukung proses pemberantasan korupsi, saya pikir kurang tepat. Pemberantasan korupsi itu harus dilakukan bersama-sama. Dan media adalah bagian utama dari pemberantasan korupsi," terang Febri dalam acara 'Peran Media dalam Pemberantasan Korupsi' di @america, Jakarta, Selasa 11 Desember 2018.

Menurut Febri, berita yang dibuat para jurnalis di KPK bukan semata informasi untuk dibagikan ke khalayak. "Namun informasi itu adalah bentuk kontribusi dalam pemberantasan korupsi," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dia menuturkan bahwa media menjadi jembatan antara KPK dan masyarakat untuk menginformasikan bahaya korupsi. Media juga wajib memberikan edukasi bahwa korupsi sangat merugikan masyarakat. Febri mencontohkan, banyaknya Operasi Tangkap Tangan (OTT) tahun ini merupakan hasil kerja sama antara KPK dengan media. Dia menuturkan media lokal, yang berbasis di daerah-daerah, turut membantu KPK dalam menangkap pelaku korupsi.

"Ini merupakan bentuk dari kesadaran dan gerakan berkelanjutan untuk pengawasan pemberantasan korupsi. Jadi sangat penting peran media ini," serunya.

Ia menambahkan tak semua media mendukung kinerja KPK. Hal ini, kata Febri, akan dijadikan KPK sebagai kritik yang membangun dalam memberantas korupsi.

Kegiatan di @america dilakukan dalam rangka memperingati Hari AntiKorupsi Internasional yang jatuh pada 9 Desember.


(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi